Mengapa Wi-Fi Umum Cenderung Lambat dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Tentunya jika koneksi wifi internet rumah murah  rumah tiba-tiba menjadi lambat atau lelet, Anda bisa dengan mudah mendeteksi penyebabnya. Entah karena gangguan pada router atau hal lainnya. Namun berbeda saat Anda memakai wifi di fasilitas umum. Seringkali kecepatan yang disediakan sudah tinggi, namun tetap saja koneksinya lamban meski hanya digunakan untuk browsing.

Salah satu faktor yang menyebabkan wifi di fasilitas umum seperti sekolah, hotel, halte dan lain-lainnya cenderung lebih lambat adalah perangkat yang digunakan. Ketika wi-fi dipasang di luar rumah, jaringannya tidak stabil dan berubah-ubah. Yang mengaksesnya pun bukan hanya beberapa orang, bisa puluhan hingga ratusan orang dengan

wifi

wifi

device yang berbeda-beda.

Lantas, bagaimana cara agar pengguna wifi di tempat umum bisa menikmati jaringan internet dengan optimal? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

  • Carilah tempat yang tidak begitu ramai. Tempat yang sepi menandakan bahwa jaringan wifi akan lebih optimal karena tidak banyak pengguna.
  • Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan. Sebaiknya jangan membuka aplikasi seperti antivirus, instant messengers, dan aplikasi lain yang sedang tidak diperlukan. Meskipun aplikasi-aplikasi tersebut tidak memakan jaringan internet yang besar, namun setelah Anda menutupnya, biasanya jaringan internet akan menjadi lebih lancar.
  • Gunakan wifi umum di malam hari. Jika ingin menikmati wifi gratis yang lancar, maka Anda bisa memanfaatkan waktu ketika oran-orang sedang beristirahat. Coba carilah restoran atau kafe yang menyediakan wifi gratis dan buka selama 24 jam.
  • Jangan mengandalkan wifi dengan sharing password. Misalnya Anda pergi ke restoran atau hotel, biasanya staff akan memberikan password wifi yang tertulis di secarik kertas. Jika demikian, maka jaringan wifi biasanya tidak optimal karena sebenarnya wifi tersebut tidak diperuntukkan untuk banyak orang. Carilah tempat umum yang memberikan wifi gratis dengan cara login dari website karena jaringannya akan lebih cepat dan stabil.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika sedang melakukan traveling dan membutuhkan jaringan internet yang cepat di fasilitas umum. Semoga bermanfaat! (Rima)

 

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: