Mengapa Senam Kegel Setelah Melahirkan?

Senam kegel identik dengan cara merapatkan vagina, anggapan ini memang benar tapi sebenarnya masih banyak manfaat dari senam kegel.

Senam kegel sangat dianjurkan dilakukan oleh wanita yang baru saja melahirkan.  Menurut dr Budi Iman Santoso Sp OG (K), dalam persalinan per vaginam,  vagina atau  jalan keluar bayi memang akan melebar 1 hingga 4 cm dari sebelumnya. Pelebaran terjadi akibat adanya peregangan maksimal otot-otot dan struktur vagina tatkala kepala bayi keluar -terutama jika berat bayi lebih dari 4 kg. Namun, struktur vagina yang berubah tersebut, menurut  dokter ahli uroginekologi itu, akan kembali normal dalam 40 hari pasca melahirkan -terlebih lagi jika Anda rajin berlatih kegel atau senam otot dasar panggul.

Selain itu organ tubuh yang paling berpengaruh setelah seorang wanita melahirkan adalah daerah panggul. Bagian panggul bertanggung jawab saat membawa bayi selama hamil. Seringkali akibat kelelahan selama hamil, wanita mengalami inkontinensia

senam kegel

senam kegel

Inkontinensia adalah ketidakmampuan menahan air kencing yang dapat membuat permasalahan sosial, medik maupun ekonomi yang berkaitan dengan kebersihan/kesehatan seseorang. Kejadian ini disebabkan karena ada kegagalan sistem kandung kemih dan uretra (vesikouretra) pada saat masukkanya urin secara berangsur-angsur dari ureter (fase pengisian) (Wikipedia)

Bila mengalami ini, maka Anda sangat disarankan melakukan senam kegel. Senam kegel yang dikatakan merupakan cara merapatkan vagina ini sebenarnya membantu memulihkan dan memperkuat otot-otot yang mengelilingi dan mendukung kandung kemih, rahim, rektum, dan uretra (otot panggul). Otot-otot ini dikenal sebagai otot pubococcygeal.

Latihan Kegel membantu Anda memperlambat atau menghentikan aliran air seni, serta otot-otot yang mencegah keluarnya gas. Senam kegel dapat membantu memulihkan kondisi daerah seputar vagina ini.

Dengan latihan senam kegel , kondisi seputar panggul yang menjadi “longgar” selama kehamilan, diharapkan balik lagi ke kondisi semula. Bahkan, jika latihan ini dilakukan selama kehamilan, bisa membuat otot-otot seputar liang vagina bekerja lebih baik selama proses persalinan, sehingga tidak perlu dilakukan pengguntingan di perineum (antara anus dan vagina), dan ternyata senam kegel ini juga bermanfaat untuk pria.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: