Mencuci Sesuai Arahan Label Baju

Mencuci  dengan mesin cuci memang memudahkan pekerjaan kita, namun bila tidak mengetahui benar bagaimana mencuci yang baik dan disarankan sesuai dengan bahan pakaian kita maka akan mengakibatkan pakaian menjadi cepat rusak. Beberapa dari kita mungkin tidak terlalu peduli dengan label yang ada pada pakaian, yang kita tahu umumnya bahwa setelah dipakai, baju hanya di cuci, keringkan dan di setrika.

Namun, dari proses-proses itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama saat mencuci pakaian sesuai dengan label baju.

Mencuci Pakaian

label baju

label baju

Tidak semua pakaian dapat dicuci menggunakan mesin cuci, maka perlu diperhatikan simbolnya. Apabila ada simbol air di bak berarti pakaian itu dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Namun, bila ada symbol tangan berarti bahan pakaian itu dianjurkan untuk dicuci menggunakan tangan.

Jika terdapat angka-angka, berarti itu menunjukkan temperatur/suhu air yang diperlukan saat mencuci. Selain angka, Anda juga bisa menemukan titik (dot). Makin banyak titik, berarti makin tinggi pula suhu air yang diperlukan.

 

Mengeringkan Pakaian

Setelah mencuci, langkah selanjutnya adalah mengeringkan pakaian. Sudah menjadi kebiasaan beberapa orang mengeringkan pakaian langsung memakai mesin cuci namun sebaiknya sebelum mengeringkan paaian degna mesin cuci, sebaiknya perhatikan symbol mengenai pengeringan pakaian yang dianjurkan. Saran untuk  mengeringkan pakaian bisa berpatokan pada symbol/gambar kotak dengan  lingkaran didalamnya.

1. Langkah pertama perhatikan apakah simbol itu diberikan tanda silang, apabila ada tanda silangnya berarti pakaian tidak boleh

label baju

label baju

dikeringkan menggunakan mesin cuci tetapi cukup dikeringkan dengan sinar matahari.

2. beberapa titik di dalam lingaran itu mengindikasikan suhu. Titik satu berarti dalam suhu rendah, titik dua berarti dalam suhu tinggi dilambangkan dengan dua titik.

3. Sebuah persegi dengan garis berarti bahwa pengering bukanlah pilihan terbaik. Bahkan, jika bisa dan memungkinkan, pakaian dengan simbol ini harus dikeringkan secara datar. Memang merepotkan, tetapi sangat beralasan: bahan-bahan alami seperti wol dapat meregang ketika basah – terutama jika mereka digantung sedemikian rupa sehingga kain tertarik. Tempatkan handuk di permukaan yang datar dan letakkan pakaian Anda di atasnya, sambil sesekali membalik sampai kedua sisi kering.

Melalukan perawatan pada pakaian tidaklah sukar asalkan Anda lebih teliti dalam

label baju

label baju

mencuci,mengeringkan dan setrika pakaiana. Semiga bermanfaat. (Mew)

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: