Memiliki Kartu Kredit Tidak Selalu Merugikan, Loh

“Awas, hati-hati kalau punya kartu kredit. Bisa terjebak dalam lingkaran hutang, loh.”. Mungkin Anda sering mendengar kalimat seperti itu ketika ingin membuat kartu kredit. Apalagi sudah banyak buktinya yang mengalami hal serupa hanya karena sebuah kartu. Padahal sebenarnya tidak begitu, loh. Sama saja seperti pinjaman tunai atau pinjaman lainnya, selama kamu bisa memanfaatkannya dengan baik maka hal tersebut tidak akan kamu alami.

Apa maksudnya dengan memanfaatkannya dengan baik? Maksudnya adalah seperti beberapa poin berikut:

pink-lemonade

                           pink-lemonade

  • Kondisi terpaksa

Meskipun memiliki kartu kredit, bukan berarti Anda bisa seenaknya saja menggunakannya. Anda tetap harus mengatur kapan boleh menggunakannya dan kapan tidak boleh menggunakannya. Sebaiknya hanya gunakaan kartu

kredit ini ketika berada dalam kondisi terpaksa. Misalnya ketika Anda atau ada anggota keluarga yang sakit mendadak dan membutuhkan penanganan cepat.

  • Sesuai kemampuan

Jangan lupa bahwa pembelian atau pembayaran dengan kartu kredit bukan berarti Anda tidak membayar. Anda hanya menunda pembayaran atau mengubah sistem pembayaran yang seharusnya langsung lunas menjadi cicilan. Meskipun begitu pada akhirnya Anda tetap saja harus membayar. Jika memang Anda akan membeli barang dengan sistem kredit, perhitungkan apakah Anda mampu membayar cicilannya.

  • Jangan terjebak pembayaran minimum

Setiap kartu kredit pasti akan memberikan nilai pembayaran minimum yang bisa Anda bayarkan setiap bulannya. Nilainya bisa beragam, namun pada umumnya sekitar 10% dari total tagihan. Akan tetapi Anda tidak boleh lupa, dengan memanfaatkan minimum pembayaran artinya Anda akan semakin meningkatkan total tagihan pada bulan berikutnya. Sebab tagihan dibulan berikutnya akan memiliki bunga dari tagihan bulan ini.

Kondisi perekonomian saat ini yang mulai aktif memanfaatkan pembayaran dengan sistem elektronik memang terkadang memaksa kita harus memiliki kartu ini. Apalagi bagi pecinta belanja online, memiliki kartu kredit seolah hal yang penting. Sebab beberapa toko online hanya menyediakan pembayaran menggunakan kartu kredit. Meskipun begitu Anda sebenarnya tidak perlu takut memilikinya. Kuncinya adalah menahan diri. Selama Anda mampu melakukannya, maka kartu kredit tidak akan menjadi sumber masalah bagi Anda. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: