Memilih Tempat Tinggal yang Nyaman

Semua orang pasti membutuhkan tempat tinggal, baik tinggal di rumah maupun apartemen. Tidak mudah bagi konsumen untuk menentukan tempat tinggal yang akan dibelinya. Apalagi dengan semakin banyaknya Perusahaan Real Estate di Jakarta yang menawarkan berbagai hunian di lokasi yang strategis dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh penghuninya. Dengan banyaknya penawaran, tentu saja konsumen harus pandai memilih tempat yang sesuai dengan keinginannya, agar tidak menyesal setelah membelinya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih tempat tinggal yang nyaman:

  • Jenis tempat tinggal

Sebelum melakukan survei ada baiknya tentukan terlebih dahulu tempat tinggal yang diinginkan. Apakah ingin tinggal dirumah ataukah di apartemen. Kedua jenis tempat tinggal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, karena itu tentukan

real estate

real estate

sesuai dengan kebutuhan.

  • Lokasi

Lokasi merupakan salah satu faktor utama yang penting untuk diperhatikan. Jika memutuskan untuk tinggal di rumah, bisa ditentukan apakah kita ingin tinggal dalam apartemen, perumahan, cluster, ataukah diluar perumahan. Hal ini akan berpengaruh terhadap pergaulan kita dilingkungan sekitar, karena beda lokasi akan berbeda pula cara pergaulannya.

Selain dari sistem pergaulannya, lokasi ini juga bisa dilihat sesuai kebutuhan. Apakah ingin mendekati daerah tertentu (sekolah, kantor, atau sejenisnya)? Atau ingin lokasi yang mudah diakses dengan kendaraan umum.

  • Ukuran Tempat Tinggal

Ukuran tempat tinggal ini sebaiknya disesuaikan dengan keperluan saat ini dan diperkirakan akan memenuhi kebutuhan di masa depan. Misalkan saja bagi orang tua yang hanya tinggal berdua, bisa memilih ukuran rumah yang lebih kecil. Tapi bagi pengantin baru yang berencana ingin memiliki 2 anak, bisa memilih tempat tinggal yang sedikit lebih besar.

  • Harga

Harga berhubungan dengan kemampuan membayar seseorang. Carilah tempat tinggal dengan harga yang masih mampu untuk kita bayar, sekalipun membeli dengan fasilitas kredit, tetap harus dipertimbangkan kemampuan membayar setiap bulannya. Tentu saja saat memilih tempat tinggal kita ingin tidak hanya nyaman suasananya saja, tetapi juga membuat pikiran tenang. Jika kita membeli sesuai dengan kemampuan, maka selama tinggal disana kita tidak akan merasa terbebani setiap kali waktunya membayar cicilan tersebut.

  • Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan real estate di jakarta saat ini tergolong lengkap. Tidak hanya keperluan pendidikan saja yang dipenuhi, tapi juga berbagai kebutuhan hiburan. Tentu saja fasilitas yang ditawarkan ini ada harganya, semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan maka biasanya akan berdampak pada harga yang ditawarkan.

Selain 5 hal di atas, ada 1 hal penting lagi yang perlu diperimbangkan yaitu memastikan jenis sertifikat bangunan yang akan diberikan. Untuk saat ini ada 2 jenis sertifikat bangunan, yaitu sertifikat hak milik dan hak guna bagunan. Disarankan mencari properti dengan sertifika hak miliki daripada hak guna bagunan.

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: