Memilih Sabun Sesuai Kebutuhan Kulit

Jenis sabun saat ini sudah sangat beragam, mulai dari wanginya, bentuknya, visual nya, rentang usia pemakaiannya, sampai dengan manfaatnya. Ada beberapa sabun yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit, namun ada juga sabun mandi untuk kulit kering. Namun sebelum memilih sabun mana yang memberikan manfaat optimal bagi kulit Anda, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu termasuk tipe manakah kulit Anda.

Jika Anda salah memilih sabun mandi, maka bisa jadi Anda tidak mengoptimalkan manfaat sabun tersebut. Terlebih

sabun mandi

sabun mandi

lagi, jika Anda melakukan kesalahan ketika mandi yang membuat kulit kering, tentu kondisi ini akan semakin merusak kondisi kulit Anda. Nah, tipe kulit sendiri kita terbagi menjadi lima, yaitu kulit sensitif, normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Tipe kulit kombinasi disini adalah campuran antara kering dan berminyak. Sebagai contoh, pada kulit wajah, daerah pipi terasa kering sedangkan kulit di daerah dahi dan hidung berminyak.

Tipe kulit sensitif pada umumnya tidak bisa terkena beberapa zat tertentu. Meskipun zat tersebut tidak tergolong keras, namun tetap dapat merusak kulit yang bertipe sensitif. Oleh karena itu, tipe kulit sensitif pada umumnya cocok menggunakan sabun bayi yang tidak memiliki banyak kandungan bahan kimia.

Tipe kulit kering membutuhkan sabun dengan manfaat melembabkan agar tidak terjadi kulit pecah – pecah maupun retak. Sabun yang cocok digunakan oleh anda yang memiliki tipe kulit kering adalah yang banyak mengandung susu ataupun lidah buaya dan bahan – bahan yang melembabkan lainnya agar membantu menjaga kelembaban kulit.

Tipe kulit berminyak membutuhkan sabun yang dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit dari luar namun juga tidak menggunakan bahan yang terlalu keras. Perlu diperhatikan bahwa apabila penggunaan teratur telah secara signifikan mengurangi minyak pada kulit, maka ada baiknya jika Anda berpindah menggunakan sabun untuk kulit normal. Penggunaan sabun yang mengurangi minyak apabila produksi minyak tidak lagi berlebih dapat menyebabkan kulit anda menjadi kering.

Tipe kulit normal adalah tipe kulit yang cocok dengan berbagai macam produk sabun alias netral dengan berbagai macam zat kimia. Tipe kulit normal juga pada umumnya tidak mudah mendapatkan jerawat dan memiliki perawatan yang tidak sesulit 4 tipe kulit lainnya.

Sementara untuk tipe kulit kombinasi, Anda membutuhkan sabun yang dapat menyeimbangkan manfaat untuk kulit kering dan kulit berminyak. Ada baiknya juga jika Anda memperhatikan kandungan apa saja yang terdapat di dalam sabun yang menjadi piihan anda agar dapat memanfaatkan sabun secara optimal dalam merawat kulit.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: