Melihat Reruntuhan Keraton Kaibon, Cagar Budaya di Banten Lama

Saat akhir pekan, kawasan Gading Serpong sering menjadi tujuan wisata oleh masyarakat ibukota. Jalan raya yang tidak terlalu macet, pilihan kuliner yang beragam, dan banyaknya hotel yang bisa dijadikan staycation menjadi alasannya. Namun demikian, bagi Anda yang berkesempatan untuk menginap di Serpong akhir pekan ini, cobalah untuk mencicipi destinasi wisata lain yang tak kalah menariknya. Ya, sebab Serpong dan Tangerang tak hanya seputar kafe unik, tempat instagramable, atau kulinernya yang beraneka. Ada pula wisata sejarah berupa reruntuhan keraton yang menarik untuk dikunjungi.

Berkunjunglah ke area Banten Lama, sekitar satu jam berkendara dari kawasan Serpong. Di Banten Lama, Anda

Keraton Kaibon

Keraton Kaibon

bisa menemukan berbagai wisata daerah yang khas dan juga edukatif. Salah satunya adalah Keraton Kaibon, sebuah cagar budaya yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat. Meskipun begitu, tempat ini cukup terawat dan bisa dijadikan sebagai tempat wisata untuk Anda dan keluarga.

Keraton Kaibon berada di Kampung Krota, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen. Sebagai cagar budaya Banten, keraton ini menyimpan cerita mengenai kejayaan Kerajaan Banten Lama. Dilansir dari situs Indonesia Kaya, konon keraton ini dibangun pada tahun 1815 untuk tempat tinggal ratu pada masa itu. Tak heran jika keraton ini diberi nama ‘Kaibon’ yang diambil dari kata keibuan yang memiliki arti bersifat seperti ibu yang lemah lembut dan penuh kasih sayang.

Berdiri di atas tanah seluas 4 hektar, Keraton Kaibon ini memiliki bangunan yang cukup beragam di dalamnya. Di bagian depan keraton terdapat sungai atau kanal yang dulunya digunakan sebagai moda transportasi. Tak hanya itu, bagian depan keraton juga dihiasi dengan gerbang 5 pintu—melambangkan jumlah salat dalam satu hari bagi umat muslim. Gerbang ini dibuat dengan gaya Jawa dan Bali yang sangat khas, bisa dilihat dari bentuk dan detailnya. Terdapat juga ruang kamar untuk ratu yang cukup luas.

Sayangnya, keraton ini dihancurkan oleh VOC pada tahun 1832. Jadi, jika Anda mengunjungi kawasan ini, yang tersisa hanyalah puing-puing keraton yang menyisakan sejarah kejayaan Kerajaan Banten Lama. Namun demikian, bukan berarti Anda tak bisa menikmati wisata sejarah ini. Cobalah mampir ke Keraton Kaibon ini dan pelajari sejarah menarik di baliknya. Selamat berkunjung!

Leave a Reply