Mau Liburan Puas di Bali-Lombok Hanya Dalam Waktu Seminggu? Begini Caranya

Musim panas adalah waktu yang paling cocok untuk liburan. Cuacanya cerah, pemandangannya aduhay di siang dan malam, dan wisatawannya ramai. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengajukan cuti selama seminggu untuk melepas penat setelah lelah bekerja nyaris setiap hari. Selama seminggu, kamu bisa puas melakukan berbagai hal menarik selama liburan. Bahkan, kamu juga bisa pergi ke tempat yang letaknya cukup jauh dari tempat asalmu. Misalnya dengan pergi ke pulau Bali dan Lombok sekaligus.

Dengan waktu selama itu, kamu bisa melakukan hiking santai ke Rinjani, mengunjungi alam bawah laut di tiga gili, nongkrong cantik di beach club Bali, main wahana air di Benoa, sampai party semalaman di Legian dan sekitarnya, itu pun kalau kamu termasuk wisatawan yang gemar berpesta.

Hal yang harus dilakukan agar semua kegiatan menarik tadi bisa terealisasi hanya dalam waktu seminggu adalah

gunung rinjani

gunung rinjani

membuat intenerary atau rencana perjalanan yang tepat dan efektif. Kemudian, patuhi itenerary tersebut agar rencana yang sudah dibuat tidak berantakan.

Dalam rencana perjalanan, kamu bisa memasukan Taman Nasional Gunung Rinjani sebagai destinasi yang pertama. Untuk sampai di Rinjani dalam waktu cepat dan hemat, kamu wajib beli tiket pesawat murah sejak jauh hari terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk menyewa mobil yang bisa membawamu ke desa Sembalun di kaki gunung Rinjani. Kalau kamu menggunakan transportasi umum, waktu yang dibutuhkan untuk pergi ke Rinjani bisa lebih lama.

Setelah sampai di Sembalun, hal yang bisa kamu lakukan hanyalah beristirahat. Di hari kedua, baru pendakian bisa kamu mulai. Pilihlah paket pendakian selama 3 hari 2 malam. Di hari pertama pendakian, kamu bisa merasakan keindahan pada savana Sembalun dan sunset yang indah di pos Plawangan Sembalun (pos terakhir sebelum puncak). Btw, sunset di pos Plawangan ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.

Di malam harinya, kamu bisa melakukan summit attack atau pendakian ke puncak gunung sampai pagi untuk melihat keindahan matahari terbenam di puncak tertinggi ketiga di Indonesia itu. Dari puncak Rinjani, seluruh pulau Lombok bisa kamu lihat. Kamu juga akan melihat danau Sagara Anak dan gunung Baru Jari yang muncul di tengah danau (Danau Sagara Anak adalah kawah yang dihasilkan dari letusan gunung Rinjani di abad ke 13 dan gunung Baru Jari adalah anak dari Gunung Rinjani yang muncul secara perlahan). Saat langit cerah, kamu juga bisa melihat puncak gunung Agung di Bali dan gunung Tambora di NTT.

Di hari ketiga liburan atau hari kedua pendakian, bisa kamu gunakan untuk turun ke danau Sagara Anak untuk bermalam di sana. Di sini, kamu bisa melihat keelokan gunung Baru Jari dari dekat dan memancing ikan di kawah letusan gunung yang konon pernah mengakibatkan bencana besar ke seluruh dunia.

Sedangkan di hari terakhir pendakian, kamu tinggal turun ke desa Senaru yang merupakan jalur resmi pendakian Rinjani selain desa Sembalun. Dari Senaru, kamu tinggal langsung melanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan.

Di malam ke empat ini, kamu bisa beristirahat penuh di penginapan yang ada di Gili Trawangan untuk meregangkan otot yang lelah setelah 3 hari mendaki gunung.

Di hari ke lima, waktunya kamu menjelajahi seluruh Gili Trawangan, mampir ke GIli Meno dan Gili Air, serta menyelam di sana seharian penuh. Pemandangan bawah laut yang ada di tiga gili ini sangat indah. Airnya pun jernih. Bahkan, kamu pun bisa melihat dasar lautnya dari permukaan. DI sore hari, waktunya kamu kembali ke Gili Trawangan untuk melihat pemandangan sunset yang indah sambil bermain ayunan di sunset beach yang ada di bagian barat Gili Trawangan.

Di malam kelima, kamu bisa makan sepuasnya di pusat kuliner yang ada di Lombok. Menu yang tersedia di sini sangat beragam. Ada kerapu, lobster, ikan pari, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mengikuti pesta yang sering di gelar di bar yang ada di Gili Trawangan jika menginginkannya.

Di hari keenam, waktunya melanjutkan perjalanan ke Bali. Untuk menghemat waktu, lebih baik kamu menyebrang ke Bali menggunakan speedboat langsung dari Gili Trawangan seharga Rp 350 ribu. Harga ini sudah termasuk biaya kendaraan yang akan mengantarkanmu ke tempat pilihan yang ada di Bali. Mintalah kepada penyedia jasa ini untuk mengantarkanmu ke tempat-tempat yang menjadi pusat wisata seperti Ubud atau Kuta. Dengan cara seperti ini, kamu bisa sampai di tempat pilihanmun hanya dalam waktu 3-4 jam saja.

Setelah sampai, carilah hotel untuk beristirahat. Untuk mendapatkan penginapan yang lebih murah, kamu bisa pesan hotel termurah di Bali di situs Reservasi.com. Setelah itu, sewalah motor dan pergilah ke tempat-tempat menarik yang ada di dekat penginapan sampai malam.

Sedangkan hari terakhir, kamu bisa memanfaatnya untuk pergi ke tempat-tempat yang belum sempat kamu kunjungi. Namun agar tidak ketinggalan pesawat, lebih baik kamu hanya pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh dari bandara. Kamu juga bisa memanfaatkan hari terakhir liburan ini untuk pergi membeli oleh-oleh. Setelah itu, barulah kamu pergi ke Bandara untuk pulang ke rumah.

Bagaimana, menarik, bukan? Jadi, ayo buat rencana liburan sekarang juga.

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: