Mau Lebih Sehat? Gunakan Minyak Ini!

Menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan dengan cara mengatur pola makan ataupun berolahraga rutin setiap hari. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mengganti minyak goreng untuk memasak dengan minyak yang lebih menyehatkan, seperti minyak zaitun yang dibeli melalui toko jual minyak zaitun, misalnya. Penggunaan minyak ini dianggap  menyehatkan tubuh karena kaya akan kandungan nutrisi. Selain minyak zaitun, berikut beberapa jenis minyak yang bisa Anda gunakan untuk memasak

  1. Minyak Zaitun. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, minyak zaitun bagus untuk menjaga kesehatan tubuh olive oilkarena di dalam minyak ini terdapat berbagai kandungan nutrisi. Mulai dari vitamin K, vitamin E, Omega 3, Omega 6, dan lemak tak jenuh. Umumnya, minyak ini digunakan untuk menumis berbagai jenis sayuran dan dijadikan sebagai dressing salad. Namun demikian, minyak satu ini kurang cocok bila dipakai untuk menggoreng dengan teknik deep-fry (menggoreng minyak dalam jumlah banyak) karena memiliki titik didih sangat rendah.
  2. Minyak Wijen. Tahukah kamu, ternyata minyak wijen kerap dijadikan sebagai minyak untuk memasak, loh? Kok, bisa? Yap, ini bukan tanpa sebab, minyak wijen sendiri mengandung nutrisi penting yang baik untuk tubuh seperti vitamin, zat besi, fosfor, protein, kalsium, karbohidrat, dan energi. Tidak hanya itu saja, minyak wijen juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga berkhasiat untuk menangkal radikal jahat yang masuk ke dalam tubuh. Berbeda dengan minyak zaitun, beberapa jenis minyak ini memiliki titik didih tinggi sehingga bisa digunakan untuk menggoreng dan menumis makanan.
  3. Minyak Alpukat. Siapa sangka, minyak alpukat juga bisa digunakan untuk minyak memasak. Minyak ini mengandung nutrisi yang sangat tinggi contohnya seperti vitamin, lemak tak jenuh, potassium, dan vitamin. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus membantu menurunkan risiko pengeroposan tulang. Nah, supaya nutrisi di dalam minyak ini tidak hilang, alangkah baiknya digunakan untuk mengolah dressing salad ataupun dijadikan untuk campuran saus.

Itulah berbagai jenis minyak yang dapat menyehatkan tubuh sekaligus bisa digunakan untuk minyak memasak. So, mau tubuh semakin sehat? Yuk, mulai gunakan minyak tersebut! Semoga bermanfaat.

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: