Maskeran Nggak Perlu ke Salon, di Rumah Saja

Siapa bilang perawatan wajah itu mahal? Kamu yang ingin mengikuti kontes putri purbasari tapi memiliki budget terbatas, tetap bisa loh melakukan perawatan wajah. Caranya yaitu dengan menggunakan masker sendiri di rumah. Kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa menggunakan masker instan yang bisa kamu beli di berbagai toko kosmetik atau minimarket. Namun jika kamu suka berkreasi dan ingin menggunakan masker dengan bahan alami, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Nah, langkah selanjutnya adalah menentukan masker apa yang cocok untukmu. Jika kamu membeli masker instan, kamu hanya perlu membaca bagian “manfaat” untuk mengetahuinya. Namun jika kamu memilih untuk menggunakan masker alami, tentu saja kamu harus mencari sendiri bahan yang cocok untuk jenis kulitmu.

Tenang saja, di artikel ini sudah dirangkumkan beberapa jenis masker yang bisa kamu gunakan, di ambil dari alodokter:

  • Kulit kering

Campurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak zaitun, dan dua sendok teh  cuka apel. Oleskan campuran tersebut secara merata ke seluruh wajah dan biarkan 10-15menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk perlahan wajah dengan menggunakan handuk bersih hingga benar-benar kering.

Madu merupakan bahan alami yang terkenal bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dilengkapi dengan minyak zaitun yang akan membantu membersihkan wajah tanpa menghilangkan minyak alami di wajah.

  • Kulit berminyak

Campurkan ½ buah pisang yang sudah ditumbuk halus, 2 sendok makan madu, dan ½ sendok teh kayu manis bubuk. Oleskan campuran tersebut secara merata ke seluruh permukaan wajah, dan biarkan selama 10-30 menit. Setelah itu bilas wajah secara perlahan dengan air hangat.

Masker ini bermanfaat untuk membuka pori-pori, membersihkan noda, meredakan kulit kering, iritasi dan rusak akibat paparan sinar UV.

  • Kulit berjerawat

Jerawat yang muncul bisa disebabkan oleh minyak berlebih pada wajah. Menggunakan masker untuk kulit berminyak bisa membantumu mengatasi masalah ini. Namun jika kamu ingin mengatasinya dengan masker khusus untuk kulit berjerawat, maka kamu bisa menggunakan masker jeruk nipis.

Jeruk nipis mengandung zat asam alfa hidroksi (AHA) yang bermanfaat untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Sementara zat lain pada buah ini memiliki manfaat sebagai anti bakteri. Untuk menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan kapas yang telah diberi air perasan jeruk nipis, dan kemudian mengoleskannya ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 10 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Ingat, pastikan bahwa tidak ada luka pada wajah. Sebab luka sekecil apapun akan terasa sangat sakit ketika terkena air jeruk nipis ini.

Mudah, kan? Menggunakan masker dari bahan alami sebenarnya jauh lebih baik karena tidak mengandung berbagai zat kimia yang mungkin akan menyebabkan iritasi