Manfaat Spooring dan Balancing Pada Mobil

Setelah semua administrasi untuk pembelian mobil selesai, tentunya ada banyak sekali hal yang ingin kamu lakukan. Seperti memilih Asuransi Mobil All Risk yang tepat untuk mobil barumu, hingga membawa mobil kesayanganmu ini ke bengkel aksesoris untuk dimodifikasi. Yap, asuransi memang hal penting yang harus kamu lakukan pertamakali, karena ini akan membantumu mengatasi masalah perbaikan ketika terjadi sesuatu pada mobilmu. Namun, untuk masalah modifikasi sebaiknya kamu tunda terlebih dahulu. Sebab, ada hal

perawatan mobil

perawatan mobil

yang lebih penting daripada itu, yaitu memeriksa spooring dan balancing mobil.

Jika mobil yang kamu beli adalah mobil baru, mungkin hal ini bukan masalah penting, sebab biasanya mobil baru sudah melakukan spooring dan balancing sebelum diserahkan kepada konsumen. Namun, jika mobilmu adalah mobil bekas, maka hal ini wajib untuk dilakukan. Kondisi setting ini adalah salah satu hal penting yang harus diketahui sebelum berwisata dengan mobil. Apalagi jika tempat wisata yang kamu tuju memiliki jalanan berbukit dan berlubang.

Nah, mungkin untuk kamu yang sudah sangat familiar dengan otomotif langsung menyetujui hal ini. Namun, untuk kamu yang masih awam, mungkin masih bingung ya, apa sih spooring dan balancing itu? Dan seberapa pening sih melakukannya? Supaya tidak bingung, langsung bahas saja yah.

Fungsi spooring yaitu untuk men-setting kaki kaki mobil agar sesuai dengan ketentuan dari pabrik. Hal ini sangat penting, karena pabrik pasti sudah melakukan penghitungan komposisi yang tepat untuk semua komponen mobil agar aman dan nyaman saat sedang dikendarai. Selain itu, setting spooring yang salah juga dapat menyebabkan ban mobil menjadi mudah aus (botak) secara tidak merata. Itulah sebabnya spooring wajib dilakukan pada mobil. Dan, melakukannya juga tidak bisa sembarangan. Kamu harus mencari bengkel yang memiliki alat khusus untuk melakukannya. Dalam alat tersebut, sudah tersimpan database setting kaki kaki mobil dari berbagai brand dan tipe yang pernah diproduksi.

Sementara, untuk balancing sendiri berfungsi untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan mobil, baik dari sisi kanan kiri, maupun titip atas bawah roda mobil. Hal yang dilakukan saat proses setting balancing ini yaitu, dengan menambahkan timah pada bagian tertentu ban mobil yang diangggap kurang. Balancing ini sangat bermanfaat, karena keseimbngan yang kurang dapat berakibat fatal. Apalagi, jika kamu sering berkendara dengan kecepatan tinggi.

Proses balancing dulu dilakukan dengan melepaskan ban dan kemudian mengeceknya di alat balancing. Namun, saat ini sudah banyak bengkel yang menggunakan alat balancing yang dapat dimanfaatkan untuk mengukur tingkat keseimbangan ban ini.

Setelah mengetahui pentingnya spooring dan balancing ini, maka janganpernah mengabaikannya yah. (Vita)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: