Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Selain menjaga makanan, ibu hamil juga perlu memenuhi asupan nutrisi dari minuman. Bukan hanya air putih, ada banyak minuman yang baik untuk perkembangan ibu dan buah hati. Mungkin yang paling sering terdengar manfaatnya adalah jus untuk ibu hamil dan air kelapa. Ya, kedua minuman ini memang memiliki nutrisi yang baik untuk kehamilan jika dikonsumsi secara rutin. Namun, kali ini mari bahas manfaat air kelapa untuk ibu hamil secara lebih mendalam. Memangnya, seberapa besar sih manfaat air dari buah berwarna hijau ini?

  • Mencegah dan mengatasi dehidrasi

Dehidrasi merupakan hal yang paling tidak ingin dialami oleh kebanyakan orang, apalagi untuk ibu hamil. Dehidrasi dapat menyebabkan rasa lemas dan memberikan efek samping pada kesehatan. Nah, untuk mencegah dehidrasi, ibu hamil harus memilih minuman yang dapat bekerja baik dalam mengganti cairan tubuh seperti air kelapa. Kandungan elektrolit pada air kelapa ini dapat mengganti garam alami pada tubuh dengan efektif. Selain mencegah dehidrasi,

air kelapa

air kelapa

elektrolit yang terkandung dalam air kelapa juga efektif untuk mengganti asupan yang terbuang saat ibu mengalaimi morning sickness.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Kalium dan magnesium yang terkandung dalam air kelapa dapat membantu tubuh untuk mempompa darah dari jantung. Sirkulasi darah yang lancar sangat diperlukan oleh tubuh, terlebih pada ibu hamil. Jika sirkulasi darah dapat berjalan lancar, maka janin akan mendapatkan suplai oksigen yang cukup.

  • Meningkatkan sistem imun

Selain kandungan elektrolit dan mineral, air kelapa juga mengandung antioksidan yang tinggi. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun pada ibu hamil sehingga ibu dan janin dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Kandungan asam laurat yang tinggi pada air kelapa muda juga dapat menghasilkan monolaurin atau antibakteri di dalam tubuh.

  • Mencegah mual dan mulas

Air kelapa dapat membantu menurunkan kadar asam di perut, sehingga dapat mencegah gangguan pencernaan termasuk mual dan mulas. Kandungan serat dalam air kelapa juga dapat mengatasi sembelit selama kehamilan. Tidak hanya air kelapa, kondisi ini juga bisa dicegah dengan cara meminum jus buah. Dipercaya, rajin meminum jus buah saat hamil bisa mengatasi mual dan mulas karena buah kaya akan kandungan nutrisi seperti antioksidan, mineral, serat, dan vitamin.

Nah, ternyata banyak bukan manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Pastikan air kelapa yang Ibu konsumsi berkualitas baik ya, dan sebaiknya hindari konsumsi air kelapa kemasan atau instan karena kandungannya tentu akan berbeda dengan yang alami. Semoga bermanfaat! (Rima)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: