Manfaat Program Kasir (Point of Sales)

Program point of sales (POS) adalah sebuah program khusus yang digunakan untuk mempermudah transaksi penjualan yang dibutuhkan oleh pengusaha pertokoan  dengan menggunakan sistem kasir yang tercatat.

Point of sales awalnya dipakai untuk menyebut mesin kasir (Cash Register). Dalam perkembangannya, istilah Point Of Sale ini kurang tepat jika diasosiasikan dengan Cash Register, karena Cash Register sendiri sebenarnya adalah kalkulator yang dilengkapi oleh laci otomatis dan pencetak struk (invoice/faktur).

Seiring perkembangan teknologi informasi, cash register digantikan computer sebagai media point of sale.Point of sales ini biasa disebut dengan beragam nama, misalnya program kasir, software kasir, program toko dan masih banyak lagi namun tetap memiliki point of salesfungsi/manfaat yang sama sehingga semua bisa kita golongkan sebagai aplikasi “Point Of Sale”.

Dengan menggunakan aplikasi Point Of Sale pada usaha Anda, beberapa keuntungan dengan adanya nilai tambah (added value) yang didapatkan:

 Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Point of sales dapat meningkatkan kualitas pelayanan, karena proses transaksi akan menjadi lebih cepat dan sistematis sehingga mendukung kualitas pelayanan terhadap konsumen.

Peningkatan Citra Usaha

Konsumen yang dipuaskan akan menilai pelayanan Anda baik dan cepat sehhingga akan membuat usaha Anda mendapat nilai lebih karena dikelola secara baik dan professional.

Keuntungan dalam Berkompetisi

Teknologi diciptakan untuk memudahkan Anda, dengan menerapkan teknologi informasi point of sales ini dalam usaha akan membuat usaha lebih maju dibandingkan usaha lain yang masih belum memanfaatkan point of sales. Dari segi efisiensi waktu tentunya Anda sudah lebih unggul.

Kemudahan dalam Proses Controlling & Pengambilan Keputusan

Dengan menggunaan program point of sales ini Anda dapat dengan mudah melakukan proses controlling karena semua laporan dapat disediakan dengan cepat, sehingga mempermudah proses pengambilan keputusan baik secara kolektif maupun personal

Beragam Pembayaran

Dengan menggunakan Point of sales (POS) pelanggan/konsumen dapat menggunakan para kartu debit atau kredit sehingga memberikan kemudahan saat konsumen melakukan pembayaran langsung pada saat transaksi. Terminal POS secara elektronis terkoneksi ke bank milik Anda, yang akan terhubung ke financial tracking system dunia.

 

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: