Mandi Air Hangat Malam Hari Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Mandi air hangat memang sangat menyegarkan saat cuaca dingin di musim penghujan seperti ini. Apalagi saat malam hari setelah capek bekerja seharian, mandi air panas dengan menggunakan water heater Indonesia ini bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Sayangnya, tidak banyak orang yang melakukan mandi air hangat pada malam hari ini. Kebanyakan karena merasa bahwa mandi pada malam hari tidak baik bagi kesehatan. Padahal, mandi pada malam hari terutama dengan menggunakan air hangat justru bisa membuat kita tidur lebih nyenyak dan lebih baik.

Mandi air hangat pada malam hari bagus untuk penderita insomnia yang kesulitan untuk tidur atau mereka yang tengah kegerahan hingga susah untuk tidur. Mungkin masih ada yang bingung bagaimana bisa air hangat ini 1membantu seseorang untuk bisa tidur lebih baik, berikut beberapa alasannya:

Air hangat menurunkan suhu tubuh

Penelitian tebaru menunjukkan bahwa suhu tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga jam tubuh tetap berjalan sinkron. Penelitian pada UT Southwestern Medical Center menemukan bahwa area otak yang sensitif terhadap cahaya atau yang biasa disebut dengan suprachiasmatic nucleus (SCN) bekerja sebagai “jam utama” pada tubuh kita. Saat malam hari datang, SCN akan mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk menurunkan suhunya.

Nah, kita mungkin pernah merasa setelah mandi air panas badan justru terasa lebih dingin. Ternyata, meski pada saat mandi air panas suhu tubuh kita akan meningkat, namun begitu kita keluar dari kamar mandi, ke ruangan atau kamar tidur dengan suhu yang lebih rendah, maka suhu tubuh kita akan langsung turun. Kondisi ini ternyata akan membuat tubuh mengirimkan sinyal persiapan untuk tidur atau beristirahat.

Membantu badan dan pikiran lebih rileks

Air hangat dapat melebarkan pembuluh darah yang bisa membantu sendi dan otot-otot pada tubuh kita menjadi lebih rileks. Pembuluh darah yang melebar ini juga membuat sirkulasi darah lebih lancar dan memungkinkan lebih banyak darah dan oksigen yang terpompa ke seluruh tubuh. Tubuh yang rileks ini pun akan membuat pikiran kita bisa lebih rileks.

Saat mandi air hangat ini, ada satu hal yang harus diperhatikan yakni jangan menggunakan air yang terlalu panas. Hal tersebut bisa menyebabkan suhu tubuh kita naik terlalu tinggi dan akhirnya malah mempercepat metabolisem tubuh. Selain itu, sebaiknya jangan langsung guyur air hangat ke tubuh kita, lakukanlah secara dikit demi sedikit sehingga tubuh tidak terlalu kaget dengan perubahan suhu yang terjadi. (raw)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: