Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Menyusui

Saat memasuki fase menyusui si bayi sehat, kita tidak boleh sembarang memakan sesuatu karena nutrisinya akan kita bagi langsung dengan si buah hati. Sebaiknya, saat menyusui kita memakan makanan sehat yang bernutrisi tinggi serta mampu memenuhi asupan gizi yang diperlukan seperti vitamin, mineral, dan juga asam folat. Apa saja sih makanan yang mengandung asupan tersebut?

Berikut ini makanan untuk ibu menyusui yang snagat dianjurkan:

  1. Labu siam. Labu mengandung asam folat, vitamin C, vitamin B6, dan kandungan mineral lain seperti magnesium dan kalium. Bunda tentunya tahu bahwa asam folat sangat berpengaruh terhadap keluarnya ASI.
    makanan untuk ibu menyusui

    makanan untuk ibu menyusui

    Untuk itu, perempuan yang sedang menyusui membutuhkan asam folat dua kali lipat lebih banyak dibanding perempuan yang tidak menyusui. Kandungan di dalam labu siam bisa membantu pembentukan sel, hemoglobin, dan perkembangan jaringan tubuh bayi.

  2. Daun katuk. Bunda pastinya tahu bagaimana positifnya kandungan daun katuk bagi perkembangan ibu dan bayi. Daun katuk mengandung protein, kalium, fosfor, zat besi, dan beragam vitamin untuk membantu melancarkan air susu. Untuk mengonsumsinya, silakan masak daun katuk hingga matang untuk mengurangi risiko keracunan.
  3. Saat mulai menyusui, cairan tubuh kita akan mudah hilang karena harus membagi makanan dengan bayi kita. Untuk itu, Bunda perlu mengonsumi buah semangka karena mengandung air, vitamin, kalium, dan asam folat. Kadar air yang tinggi membuat kita tidak kekurangan air dan dehidrasi.
  4. Banyak yang bilang bahwa kandungan vitamin dalam wortel bisa membantu mata seseorang untuk bisa melihat jelas. Namun demikian, wortel juga bisa melindungi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem imun untuk kita dan si buah hati.
  5. Kacang hijau. Selain mudah dimasak dan dikreasikan, kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah karena kacang hijau mengandung protein, vitamin B1, asam folat, magnesium, dan juga fosfor. Kacang hijau juga mampu mengubah karbohidrat menjadi energi yang tentunya sangat bermanfaat untuk ibu menyusui.

Menjaga makanan selama periode menyusui akan membantu bayi akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, sehingga dapat memaksimalkan potensial belajar Anak dimasa mendatang. (Tr)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply