Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, mungkin sudah tidak asing dengan berbagai makanan khas Betawi. Bahkan mungkin, kamu sering menyantapnya sehari-hari. Apalagi, beberapa makanan ini menjadi menu yang umum ditemui di rumah makan, restoran yang ada di Jakarta Hotel, dan beberapa warung makan dipinggir jalan yang mungkin sering kamu kunjungi saat keuanganmu menipis. Akan tetapi, bagi warga di luar Jabodetabek, menu makanan ini pastilah terasa asing. Atau bahkan, kamu tidak tahu kalau jakarta sebenarnya memiliki makanan khas?

Nah, jika kamu belum mengetahuinya, jangan khawatir, karena kali ini kita akan membahasnya. Jadi, kamu tidak perlu kebingungan lagi mencari makanan khas Jakarta (Betawi) saat memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Jakarta.

  • Ketoprak

Ketoprak adalah salah satu makanan khas Jakarta yang sangat terkenal kelezatannya. Terbuat dari campuran

kembang goyang

kembang goyang

ketupat, bihun, tauge mentah, tahu goreng dan diberikan bumbu kacang. Untuk melengkapi santapan ini, biasanya akan diberikan taburan bawang goreng dan juga kerupuk. Untuk kamu yang suka pedas, tidak perlu khawatir. Sebab, bumbu kacang akan diulek setiap kali ada yang memesan, sehingga tingkat kepedasannya bisa diatur sesuai keinginan.

  • Soto Betawi

Sama seperti soto pada umumnya, pada soto betawi ini juga menggunakan daging dan jeroan. Hanya saja, bagi kamu yang tidak menyukai jeroan, kamu bisa meminta kepada penjualnya agar hanya menggunakan daging saja. Soto ini berbeda dengan soto yang biasanya ada di daerah jawa, yang pada umumnya bening. Sebab, soto betawi ini menggunakan santan. Dan untuk melengkapi kenikmatannya, biasanya soto betawi ini disajikan bersama dengan emping yang dimasukkan ke dalam kuah soto.

  • Kerak Telor

Sesuai dengan namanya, kerak telor memang adalah makanan yang terbuat dari telor dan dibuat lengket ke wajan sehingga seperti kerak. Namun, makanan ini tidak hanya mengandung telur saja, tetapi juga berbagai jenis bahan lainnya, antara lain ebi, serundeng, beras ketan. Cara membuatnya cukup unik, karena setelah telor dicampur dengan bahan lainnya dan lengket di wajan, maka posisi wajan akan dibalik sehingga telor langsung menghadap ke api. Barulah kemudian dikeruk dengan spatula untuk melepaskan kerak telor ini dari wajan.

  • Kue kembang goyang

Berbeda dengan beberapa jenis makanan sebelumnya yang tidak bisa dijadikan oleh-oleh, untuk makanan ini kamu bisa menjadikannya oleh-oleh. Sebab, kue ini kering dan cukup tahan lama. Kue ini berbentuk seperti kembang dan dibuat dengan cara menggoyangkannya cetakan yang telah dicelupkan ke adonan, di dalam minyak panas. Inilah sebabnya kue ini dinamakan kue kembang goyang.

Diantara keempat makanan ini, mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu? (Vita)

Tags: , ,

Leave a Reply