Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Penghambat ASI

Kehamilan adalah berita yang sangat membahagiakan. Namun sejak datangnya berita bahagia tersebut, Anda harus siap untuk mulai mengubah berbagai kebiasaan Anda. Apalagi ketika Anda telah melewati masa persalinan, perjuangan yang sebenarnya sebagai seorang ibu barulah dimulai. Dari mulai mengonsumsi minuman pelancar ASI demi memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati, memastikan bayi selalu tercukupi kebutuhan ASI-nya, selalu siap siaga melayani kebutuhan bayi yang belum bisa melakukan apapun bahkan terkadang sampai sulit mengatur waktu istirahat, dan berbagai hal lainnya.

Untuk menjaga stamina selama masa menyusui ini, banyak ibu yang meningkatkan porsi makanannya. Selain itu,

tips memberikan asi

tips memberikan asi

rasa lapar yang seringkali muncul pasca menyusui juga membuat para ibu tersebut cenderung makan lebih sering atau lebih banyak dari kondisi normal. Jika Anda juga mengalaminya tidak perlu merasa khawatir, hal tersebut wajar dan bukan masalah asalkan Anda memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Mengapa Anda harus memerhatikannya? Sebab ternyata ada beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari atau setidaknya dibatasi konsumsinya karena dapat menghambat produksi ASI, seperti:

  • Teh sage

Teh ini banyak dikonsumsi masyarakat karena dipercaya memiliki efek positif bagi kesehatan. Akan tetapi bagi ibu menyusui ternyata ini termasuk jenis minuman yang sebaiknya dihindari.  Alasannya karena di dalam teh sage terkandung estrogen yang dipercaya dapat menghambat produksi ASI.

  • Ikan yang mengandung merkuri

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan menyehatkan. Bahkan banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk meningkatkan konsumsi ikan dibandingkan dengan daging merah. Namun bagi ibu hamil dan ibu menyusui, wajib untuk memperhatikan ikan yang dikonsumsi. Hindari konsumsi ikan yang berada dirangkaian atas ekosistem laut, seperti ikan makarel dan hiu. Sebab ikan pemangsa ini cenderung mengonsumsi ikan kecil lain yang ada di laut yang mengandung merkuri, sehingga kandungan merkurinya cukup tinggi.

  • Alkohol

Minuman beralkohol tidak hanya harus dihindari pada saat hamil saja, tetapi juga pada masa menyusui. Sebab alkohol bisa masuk ke dalam ASI yang akan diberikan ibu pada sang bayi. Selain itu alkohol juga dapat menghambat refleks keluarnya ASI.

  • Buah dan sayur tertentu

Buah dan sayur selama ini dianggap makanan alami yang pasti aman untuk dikonsumsi kapanpun dan sebanyak apapun. Namun pada kenyataannya, ada beberapa buah dan sayu yang sebaiknya dihindari pada masa kehamilan ataupun menusui. Sebab ternyata beberapa buah bisa memicu munculnya alergi pada bayi.

Untuk ketiga point di atas termasuk ke dalam kategori yang sebaiknya dihindari. Sementara untuk point terakhir mungkin agak susah karena Anda belum mengetahui buah atau sayur apa yang bisa membuat bayi bereaksi. Demi keamanannya akan lebih baik jika Anda melakukan pengawasan pada bayi setelah proses menyusui sehingga Anda dapat segera melakukan antisipasi ketika bayi menunjukkan reaksi alergi. (Vita

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: