Macam-Macam Olahan Daun Sirsak

Daun sirsak kini semakin dikenal sebagai obat ampuh untuk mengobati kanker secara alami. Berbagai jenis kanker dapat diobati dengan penanganan yang tepat. Selain mengobati kanker, daun sirsak juga bermanfaat unutk beberapa jenis penyakit dan tidak ada salahnya bila Anda menggunakan daun sirsak untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk sekedar menjaga kesehatan tubuh ataupun mengobati penyakit.

Banyak cara untuk mengolah daun sirsak

1, Air Rebusan Daun Sirsak

Rebus daun sirsak, kemudian peras daun sirsak yang sudah matang dan saring airnya untuk diminum.

2.  Daun Sirsak kering

Daun sirsak kering masih memiliki senyawa yang sama dengan daun sirsak yang segar, yang berbeda hanya kandungan air didalamnya. Daun sirsak kering juga bisa direbus untuk diambil airnya.

Penyimpanan daun sirsak dalam lemari pendingin maksimal sepekan sejak pemetikan karena proses pendinginan yang lama dikhawatirkan akan merusak senyawa dalam daun selain aroma daun yang tidak enak karena proses fermentasi

daun sirsak

daun sirsak

3. Memblender daun sirsak, setelah hancur, masukkan daun ke wadah dengan penutup rapat, lalu tambahkan 1 gelas air panas ke dalamnya dan aduk sampai rata. Tutup wadah dengan rapat agar panas tetap terjaga dan proses ekstraksi senyawa dapat maksimal. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu saring olahan untuk diambil airnya dan minum selagi hangat. Pengolahan dengan cara diblender atau digerus tidaklah semaksimal ekstraksi senyawa daun sirsak dibandingkan dengan teknik pertama (perebusan daun basah) dan teknik kedua (perebusan daun kering), tetapi lebih efisien.

4. Teh daun sirsak dibuat untuk kepraktisan dengan tidak mengurangi khasiat pada daun sirsak, kini semakin banyak yang menjual the daun sirsak.

5. Kapsul daun sirsak, kini juga semakin banyak yang jual, tapi pastikan kalai kapsul daun sirsak yang Anda beli dapat dipercaya.

Mengkonsumsi daun sirsak ini sangat baik bagi kesehatan, namun tentu saja jangan samapai berlebihan.

Tips Indonesia

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: