Long Reach Excavator dan High Reach Excavator

Excavator yang diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Jual Alat Berat memiliki berbagai jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Karena itulah, sebelum menentukan excavator yang ingin dibeli ataupun disewa sangatlah penting untuk mengetahui dengan pasti jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Excavator berukuran sedang merupakan salah satu jenis excavator yang paling umum digunakan dalam berbagai proyek. Namun, jarak maksimal yang dapat dijangkau oleh excavator ini umumnya tidaklah terlalu jauh.

Jika proyek yang akan dikerjakan membutuhkan excavator dengan jangkauan cukup jauh, kita bisa menggunakan long reach excavator atau high reach excavator (tergantung jenis pekerjaannya). Banyak orang yang salah mengira bahwa kedua jenis excavator ini sama, padahal mereka memiliki fungsi yang jelas berbeda. Persamaan dari keduanya hanya terdapat pada ukuran lengan (arm), boom yang sangat

alat berat

alat berat

panjang dan keduanya adalah alat berat dengan proses operasi penggerak.

  • Long Reach Excavator

Meskipun memiliki lengan (arm) dan boom yang panjang, namun excavator ini tidak sesuai untuk melakukan pekerjaan pada ketinggian maksimal. Excavator ini dapat digunakan untuk proses penghancuran bangunan, namun jika bangunan sangatlah tinggi menggunakan excavator ini tidak akan efektif. Excavator jenis ini akan sangat efektif jika digunakan untuk pekerjaan penggalian dalam jarak yang cukup dalam. Alat ini juga sering digunakan disekitar air, karena itulah cairan hidrolik pada alat ini harus didesain agar terhindar dari kebocoran. Hal ini sangatlah penting berkaitan dengan dampak lingkungan. Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan alat ini berkaitan dengan air, yaitu pengerukan material dalam air dengan tetap menjaga berbagai tanaman tetap berada di atas air.

  • High Reach Excavator

Excavator ini sering digunakan dalam proses penghancuran bangunan (demolition), sehingga sering juga disebut sebagai demolition excavator. Selain memiliki bagian lengan (arm) dan boom yang panjang, bagian lengan ini juga dapat lurus dengan bagian boom sehingga

dapat menjangkau daerah hingga ketinggian maksimal. Karena itulah, biasanya, excavator ini digunakan untuk menghancurkan bangunan yang cukup tinggi. Untuk melindungi operator dari berbagai hal yang membahayakan akibat material bangunan, kabin operator haruslah dilengkapi dengan pengamanan khusus. (Yv)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: