Lakukan Ini Setelah Membeli Motor

Sekarang ini, sepeda motor bukanlah benda mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Hampir sebagian orang sudah memilikinya. Motor menjadi alat transportasi yang mumpuni dan bisa digunakan untuk menunjang mobilisasi harian secara mudah. Terlebih, sekarang ini motor memiliki harga yang tidak terlalu tinggi dan bahkan bisa dicicil. Ada banyak sekali pihak yang menawarkan layanan cicilan sepeda motor bekas maupun baru untuk masyarakat. Untuk Anda yang belum punya motor, bisa banget nih mencoba penawaran tersebut!

Nah, lantas ketika sudah berhasil memiliki kendaraan motor, apa ya yang harus dilakukan?

  1. Siapkan perlengkapan mengemudi. Tidak bisa disangkal, mengendarai motor memang lebih berisiko dibanding mengendarai mobil. Pasalnya, ketika terjadi kecelakaan atau benturan, tubuh Anda akan langsung terkena dampaknya karena tak ada sesuatu yang melindungi. Berbeda dengan pengendara mobil karena benturan biasanya akan mengenai bodi kendaraan terlebih dahulu. Atas alasan tersebut, maka pengendara motor harus melindungi diri mereka dari kemungkinan tersebut. Gunakan helm, jaket, pelindung
    Membeli Motor

    Membeli Motor

    dada, dan juga sarung tangan agar tetap aman. Jangan asal dalam memilih perlengkapan mengemudi ini, karena berkaitan dengan keselamatan. Sebaiknya, ikuti tips memilih helm bagi pemula jika masih bingung harus memilih helm yang seperti apa.

  2. Ikut kursus mengemudi. Jangan anggap remeh masalah mengendarai motor. Tidak semua orang bisa langsung mengendarainya dalam sekali coba. Oleh sebab itu, jangan malu untuk ikut kursus mengemudi atau meminta bantuan dari kerabat untuk mengajari Anda belajar sepeda motor. Selain itu, jangan malas membaca buku panduan kendaraan untuk membantu Anda lebih memahami kendaraan yang Anda kendarai.
  3. Belajar secara bertahap. Ketika sudah mengetahui dasarnya, jangan langsung praktik ke jalanan. Cobalah dahulu secara bertahap, mulai dari berkeliling lapangan luas, berkeliling kompleks perumahan, dan coba pelan-pelan ke jalan raya. Tetaplah tenang dan santai, serta jaga konsentrasi. Sesuaikan kecepatan kendaraan, jangan terlalu lambat atau malah terlalu kencang. Dengan begitu, lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan sepeda motor Anda.
  4. Patuhi rambu lalu lintas. Ini dia hal paling penting yang harus diperhatikan ketika berkendara. Jangan pernah melanggar rambu lalu lintas apa pun alasannya. Rambu lalu lintas dibuat bukannya tanpa alasan. Melanggar rambu lalu lintas bisa menimbulkan bahaya untuk diri Anda dan pengguna jalan lain, lho.

Selain empat hal di atas, yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum mulai berkendara di jalan raya adalah membuat SIM. Jangan lupa untuk membuat SIM atau Surat Izin Mengemudi sebagai ‘tanda’ bahwa Anda telah piawai dan mengerti tanggung jawab Anda sebagai pengguna jalan.

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: