Lakukan ini Saat Mobil Terendam Banjir

Bagi pengguna Asuransi Mobil dengan jenis All Risk, mungkin tidak akan khawatir dengan biaya perbaikan mobil kesayangannya ketikamengalami suatu hal yang tidak diharapkan. Misalnya tertabrak oleh pengendara lain, ataupun masalah lainnya. Namun, bukan berarti mereka tetap merasa tenang sepenuhnya dalam menghadapi berbagai jenis resiko, karena ternyata ada beberapa hal yang tidak di cover atau membatalkan polis asuransi. Misalnya saja seperti kesalahan saat memodifikasi mobil yang menyebabkan polis asuransi batal. Selain itu, saat musim hujan tiba juga menjadi hal yang membuat mereka khawatir, meskipun sudah menggunakan asuransi mobil. Loh, memang apa hubungannya dengan musim? Jelas ada. Disaat musim hujan tiba, ada suatu hal

Mobil

                                      

yang harus mereka hadapi, yaitu masalah banjir.

Yap, masalah banjir ini memang masih menjadi suatu hal yang menakutkan bagi para pemilik kendaraan. Sebab, air banjir yang umumnya kotor dan mengandung berbagai jenis zat dan kotoran yang mungkin berbahaya bagi mesin, membuat mereka semakin takut dengan hal ini. Apalagi, jika Anda berada atau tinggal di lokasi yang menjadi langganan banjir, musim hujan akan menjadi hal yang sangat tidak Anda sukai.

Nah, untuk Anda yang mengalami masalah ini, sebenarnya tidak perlu khawatir. Asalkan Anda tahu, bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini, adalah beberapa diantaranya:

  • Putuskan semua sambungan listrik

Jika Anda mulai merasa bahwa mobil tidak mungkin selamat dari ancaman terendam banjir, segera putuskan sambungan listrik yang ada pada mobil. Memang, mobil yang sudah dalam kondisi mati akan terlihat tidak memiliki aliran listrik. Namun, untuk mencegah terjadinya korsleting yang dapat lebih membahayakan kondisi mobil, sebaiknya Anda putuskan manual seluruh aliran listrik yang ada.

  • Jangan pernah menyalakan mobil

Meskipun nanti air sudah surut, jangan pernah mencoba untuk menyalakan mobil. Sebab, mungkin saja masih ada sisa air yang terdapat pada bagian dalam mesin, sehingga masih berisiko terjadinya korsleting saat mesin dinyalakan. Selain itu, masih ada berbagai risiko lain yang mungkin akan terjadi saat mesin dinyalakan, yang berakibat memperparah kerusakan mesin.

  • Periksa asuransi mobil

Segera periksa polis asuransi Anda, apakah asuransi mobil Anda dapat meng-cover biaya perbaikan mobil yang terendam banjir atau tidak? Sebab, tidak semua asuransi mobil memiliki fasilitas ini. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan fasilitas ini sebagai tambahan yang dapat Anda masukkan ke dalam paket asuransi mobil yang Anda gunakan. Artinya, Anda bisa menggunakannya namun bisa juga tidak menggunakannya. (Vita)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: