Lagu Sebagai Media Belajar Bahasa Asing untuk Pemula

Lagu apa yang lagi sering kalian dengarkan beberapa waktu belakangan? Pasti akan beragam jawaban yang kalian berikan. Dari mulai lagu berbahasa indonesia, inggris, jepang, korea, mandarin atau bahasa lainnya. Beragam bahasa pada lagu yang sering kita dengarkan ini, sebenarnya bisa kita manfaatkan loh sebagai media untuk belajar bahasa asing, misalnya saja belajar bahasa Inggris untuk pemula.

Saat kita mendengarkan sebuah lagu, biasanya secara sadar ataupun tidak kita akan ikut menyanyikan lirik lagu

belajar bahasa inggris

belajar bahasa inggris

tersebut. Terkadang kita bahkan sampai mencari lirik lagu kesukaan kita melalui internet supaya lancar bernyanyi saat sedang mendengarkan lagu tersebut. Namun, beberapa orang yang cukup percaya diri bahkan terkadang ikut bernyanyi hanya berdasarkan pada lirik lagu yang ditangkap oleh pendengarannya. Hal ini mungkin terlihat sangat sederhana, yaitu hanya ikut bernyanyi saja. Padahal, sebenarnya secara tidak langsung kegiatan ini sudah membantu kita melatih kemampuan mendengar kita loh. Selain itu, saat kita ikut bernyanyi, secara tidak langsung kita juga belajar pelafalan yang tepat dari bahasa asing yang digunakan dalam lagu tersebut.

Selain ikut menyanyikan lagu kesukaan, terkadang kita juga tertarik untuk mengetahui terjemahan dari lagu yang sering kita dengarkan. Tujuannya, agar kita bisa benar-benar memahami makna lagu tersebut, sehingga akan membuat kita dapat menghayati lagu tersebut dengan benar. Apalagi, jika lagu tersebut bertemakan tentang cinta atau patah hati. Hmmm…. bisa-bisa kita dibuat nangis saat mengetahui makna sebenarnya dari lagu kesukaan kita tersebut.

Nah, agar proses penerjemahan lagu ini bisa bermanfaat sebagai sarana belajar bahasa Inggris kita, apa salahnya jika kita mencoba untuk menerjemahkan sendiri lirik lagu tersebut. Carilah lirik lagu melalui situs yang terpercaya, dan cobalah untuk menerjemahkannya. Mungkin kita akan menemukan beberapa kalimat yang terdengar sedikit aneh jika benar-benar diterjemahkan. Jangan panik, belum tentu hasil terjemahan kita yang salah. Karena, lirik lagu terkadang akan menggunakan sebuah kiasan sehingga terdengar aneh saat diterjemahkan. Apalagi, dalam belajar bahasa Inggris memang tidak perlu buru-buru. Jadi, bila ada kesalahan dalam menerjemahkan pada awal-awal, itu adalah hal yang wajar.

Lalu apa tujuan kegiatan ini? Sudah jelas, yaitu untuk menambah perbendaharaan kita akan beragam kosakata baru yang mungkin sebelumnya belum kita ketahui. Jadi, siap belajar bahasa asing dengan lagu kesukaanmu? (Vita)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: