Ladies, Ini Dia Beberapa Tips Aman Mengendarai Motor di Musim Hujan!

Tidak sedikit dari para perempuan yang menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi sehari-hari. Nah, di musim hujan seperti sekarang ini, mengendarai motor pun harus dilakukan dengan hati-hati. Banyak hal yang harus diperhatikan agar tetap aman saat berkendara, mulai dari memastikan kendaraan dalam kondisi prima, ganti oli motor selama beberapa saat sekali, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Gunakan perangkat berkendara saat hujan. Jas hujan dan juga sepatu boot merupakan perangkat wajib yang harus kamu gunakan saat kondisi sedang hujan. Jas hujan akan melindungi tubuhmu dari terpaan hujan dan
    mengendarai motor

    mengendarai motor

    sepatu boot digunakan agar kamu tidak licin saat mengendarai motor. Usahakan untuk memilih jas hujan yang berbentuk atasan dan bawahan karena lebih nyaman dipakai dan hindari model ponco karena bisa membahayakan.

  2. Pastikan ban dan rem motor dalam kondisi prima. Kamu pastinya sudah tahu dong bahwa kondisi jalanan sangatlah licin ketika hujan turun. Untuk itu, saat musim hujan tiba, penting hukumnya untuk mengetahui bagaimana kondisi ban dan juga rem motormu. Pastikan permukaan ban tidak botak dan rem pun bisa berfungsi dengan optimal. Dengan begitu, motormu bisa melalui musim hujan dengan aman dan tidak mengalami selip di jalan raya. Kemungkinan tergelincir pun bisa diminimalisir.
  3. Berteduh ketika hujan semakin deras. Banyak orang yang memilih untuk tetap menerobos hujan meski kondisinya sangat berangin dan juga deras. Padahal, hal tersebut justru membahayakan, lho. Meski kamu sudah pakai jas hujan, ketika hujan mulai deras dan berangin, tetap saja bisa mencelakakanmu. Untuk itu, menepi merupakan pilihan yang bijak. Berhentilah di tempat yang aman, nyaman, dan juga tidak mengganggu lalu lintas.
  4. Simpan ponsel di dalam tas. Sepanjang perjalanan, jangan sampai konsentrasimu terganggu dengan keberadaan ponsel di saku kemeja atau saku celana. Biasakan untuk menyimpan ponsel di dalam tas agar ketika ponselmu berbunyi, fokus berkendara tidak pecah. Ketika hujan, kamu butuh konsentrasi lebih sehingga keberadaan ponsel justru bisa membahayakanmu.

Itu dia beberapa tips aman yang bisa kamu terapkan saat berkendara di musim hujan. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan istirahat yang cukup, ya.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: