Kreasi Sederhana dari Sisa Pipa PVC di Rumah

Suka berkreasi di rumah? Ingin membuat tampilan interior rumah semakin ciamik namun tidak memiliki dana berlebih untuk membeli elemen-elemen dekorasi? Jangan sedih dulu. Anda bisa memanfaatkan kreativitas  Anda dan juga barang-barang sisa yang ada di rumah untuk menjadi sesuatu yang menarik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sambungan pipa PVC. Simak caranya!

Bagi Anda yang belum tahu, pipa polyvinyl chloride atau yang lebih dikenal dengan pipa PVC adalah sejenis pipa yang banyak digunakan di rumah tangga. Pipa ini bisa difungsikan untuk berbagai macam penggunaan, salah satunya digunakan untuk saluran air dan juga penutup instalasi listrik. Keuntungan menggunakan pipa PVC yang jarang diketahui orang adalah sisa pipa yang tidak digunakan lagi bisa dimanfaatkan untuk menghias rumah Anda. Ini dia beberapa hal yang bisa Anda buat dari sisa pipa PVC:

  1. Vas bunga hias. Punya beberapa bunga plastik untuk menghias meja? Alih-alih menggunakan vas biasa sebagai
    kreasi pipa pvc

                                      kreasi pipa pvc

    wadahnya, yuk buat sendiri vas bunga Anda dengan menggunakan pipa PVC ini. Potong sisa pipa dengan ketinggian yang pas, kikir ujung-ujungnya agar tidak berbahaya, lalu hias bagian atas dan bawah pipa dengan pita lilit. Untuk bagian wadah bawahnya, Anda bisa menutup lubang dengan menggunakan kain perca agar batang bunga tidak keluar. Anda juga bisa mengecat permukaan pipa dengan menggunakan cat arklirik agar lebih menarik.

  2. Lampu hias untuk pojok ruang tamu. Jika Anda ingin menghias ruang tamu, Anda bisa membuat sebuah lampu hias dari sisa pipa PVC ini. Langkah-langkahnya memang agak rumit, tapi worth to try, Anda bisa memotong beberapa pipa sesuai dengan keinginan (akan lebih bagus jika tingginya bervariasi), lalu lubangi permukaan pipanya dengan model yang beraneka rupa. Masukkan lampu ke dalam pipa PVC, pasang instalasi kabelnya. Nyalakan. Anda akan terpukau dengan sinar dramatis yang keluar dari dalam pipa. Menarik sekaligus artistik!
  3. Tempat menyimpan kerudung. Bagi Anda yang menggunakan hijab, bisa juga memanfaatkan pipa PVC ini untuk menyimpan koleksi kerudung Anda. Bentuk pipa yang bulat sangat cocok untuk menjadi tempat koleksi kerudung Anda yang berwarna-warni. Caranya, potong sisa pipa PVC menjadi enam bagian dengan ketinnggian masing-masing sepuluh sentimeter. Satukan pipa tersebut dengan tali hingga membentuk dua barisan. Anda bisa mengecat pipa-pipa ini dengan warna-warna yang Anda suka, lalu gunakan sebagai tempat menyimpan kerudung. Mudah bukan?

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda kreasikan dengan pipa PVC. Semoga kreasi pipa pvc ini bisa membantu, ya! Jika Anda mempunyai ide kreatif lain, please do tell us so we can share it to the readers! (Tr)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: