Konsumsi Bawang Putih Mentah Dapat Membawa 5 Khasiat Ini

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang pasti selalu disediakan di rumah. Ternyata selain sebagai penambah rasa pada masakan, bawang putih ini juga baik dikonsumsi mentah lho. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, bawang putih mentah dapat membawa khasiat seperti menurunkan kolesterol, menurunkan risiko kanker, dan masih banyak lagi. Ingin tahu lebih lanjut apa saja manfaat mengonsumsi bawang putih mentah? Langsung saja simak di bawah ini! (source: hellosehat)

  • Mencegah hipertensi

Bawang putih mentah memiliki kandungan polisulfida yang mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita bawang putihhipertensi. Sebab, menurut sebuah penelitian, polisulfida dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat berkurang.

  • Mencegah sakit jantung

Selain mencegah hipertensi, mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin juga dipercaya dapat meminimalisir risiko sakit jantung. Ya, kandungan yang terdpat dalam bawang putih juga dapat mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, sehingga darah dapat terpompa ke jantung dengan lebih lancar.

  • Menurunkan kadar LDL/ kolesterol jahat

Menurut penelitian ilmiah, mengonsumsi bawang putih setiap hari selama dua bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahkan tak hanya itu, bawang putih mentah juga mampu meningkatkan kadar kolesterolbaik. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, ada baiknya untuk mencoba mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Khususnya, bagi Anda yang senang mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

  • Meredakan flu dan radang

Pasalnya, bawang putih memiliki efek antimikroba yang baik untuk melawan flu dan peradangan. Namun, kandungan ini hanya dimiliki pada bawang putih yang masih mentah. Jika bawang putih dipanaskan di atas 60 derajat celcius, maka efek antimikroba tersebut akan hilang.

  • Merawat kesehatan rambut dan kuku

Bawang putih dipercaya mengandung kalsium, sehingga baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Selain itu, mengonsumsi bawang putih mentah juga dipercaya dapat mengatasi kebotakan. Kebotakan biasanya disebabkan oleh penyakit autoimun. Sedangkan bawang putih dapat mengatasi hal tersebut dengan memperkuat pertumbuhan rambut di kepala.

Nah, ternyata ada banyak bukan manfaat dari bawang putih mentah? Kalau Anda kurang suka dengan baunya yang menyengat, cobalah konsumsi bawang putih bersamaan dengan seledri atau daun kemangi.  Semoga bermanfaat! (Rima)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: