Klinik Mewah Khusus Hewan

Selain tarian gangnam style yang berasal dari daerah Gangnam, Korea Selatan, ada juga klinik mewah khusus untuk hewan peliharaan. Klinik mewah “Irion Animal Hospital” ini diresmikan pada February 2011 lalu. Bukan hanya sebagai klinik biasa tapi juga sebagai tempat komplit yang dapat menjawab semua kebutuhan kewan peliharaan, seperti fasilitas pet grooming, toko makanan hingga hotel untuk hewan peliharaan.

Irion Animal Hospital ini menyediakan 36 kamar dengan berbagai ukuran dan peralatan medis high-end . Untuk biayanya tergantung pada kamar dan fasilitas apa yang diinginkan, berkisar antara 300 ribu hingga 1,5 juta rupiah per malam. Dikutip dari situs afp.com, Park So-Yeon, kepala perusahaan DBS yang menjalani klinik Irion mengatakan: “Saya membuka Irion karena melihat industri perawatan hewan cukup menjanjikan disini. Selain karena perkembangan faktor ekonomi dan budaya memelihara hewan yang tumbuh di Korea. Fasilitas yang tesedia bukanlah kemewahan, melainkan kebutuhan bagi pemelihara hewan. Mereka belum menemukan fasilitas yang memadai sebelum adanya Irion.”

pet grooming

pet grooming

Tidak heran memang dengan pendirian klinik mewah ini karena menurut statistik, hampir 20 persen rumah tangga di Korea Selatan memiliki hewan peliharaan, 95 persen diantaranya adalah anjing. Namun hal tersebut dinilai masih lambat dalam perkembangan industri pet shop, dikarenakan tradisi orang Korea yang kerap membiarkan hewan peliharaannya keluar rumah, selain mengonsumsi daging anjing. Namun saat ini, mengonsumsi daging anjing sudah mulai ditinggalkan karena kesadaran masyarakat yang menganggapnya sebagai aib internasional. Bulan Juni lalu, Korea Dog Farmer Association bahkan membatalkan festival dogmeat karena protes dari aktivis hak binatang.

Dan memang tujuan Irion tercapai karena meskipun mahal, sekitar 2000 anjing dan kucing datang ke Irion setiap bulan untuk menjalani berbagai tahap perawatan. Bahkan selama liburan musim panas, semua kamar habis dipesan.(Mew)

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: