Kiat Hemat di Dunia Kantor

Sejak kecil, kita sudah diajarkan bahwa hidup hemat bisa membawa kita pada masa depan yang lebih baik. Pasalnya, dengan hidup hemat kita ‘dipaksa’ untuk menabung. Dan menabung merupakan salah satu investasi menguntungkan yang akan membuat kehidupan kita lebih mudah dan menjanjikan masa depan yang cerah. Tentunya, selain menabung, ada juga hal yang bisa dilakukan untuk investasi. Misalnya adalah memulai bisnis kecil-kecilan di sebuah festival.

Akan tetapi, disadari atau tidak, seluruh pandangan itu rasanya luruh ketika memasuki dunia kerja. Aktivitas yang padat, kebiasaan untuk lunch in fancy restaurant, meeting di kafe-kafe mentereng, shopping, bahkan nongkrong di tempat-tempat hits menjadi  salah satu pertanda tingginya tuntutan gaya hidup di  lingkungan kerja. Kita pun tidak bisa menampik hal ini, bukan? Pemasukan bertambah dan di sisi lain, gaya hidup kita pun berubah.

Lalu, gimana caranya untuk menetapkan hidup hemat ketika bekerja? Here’s what you need to do to save money in

tips hemat

tips hemat

your working day:

  1. Pangkas pengeluaran uang kopi. Coba deh diingat-ingat, berapa kali kamu pergi ke Starbucks untuk membeli kopi? Paling sedikit 2 kali; you buy a coffee on the way to work and then at lunchtime. Dalam sehari, mungkin kamu tidak merasa keberatan untuk mengeluarkan uang sejumlah itu. Tapi, kalau dihitung selama seminggu, pengeluaran kamu bisa buat jalan-jalan ke Bandung, tuh! Lumayan banget, kan? Nah, cara berhematnya adalah dengan membawa travel mug sendiri dari rumah. Kamu bisa memanfaatkan kopi yang disediakan oleh pantry kantor dan menyeduhnya sendiri kapan pun kamu membutuhkannya.
  2. Biasakan untuk sarapan di rumah. Saking sibuknya, kamu terbiasa untuk sarapan di jalan demi menghemat waktu. Sure, getting breakfast on the way to work might saves you time but it definitely doesn’t save your money! Instead, cobalah untuk bangun lebih pagi dan sarapan sereal atau membuat Lebih hemat, lebih sehat, dan tentunya lebih enak, dong!
  3. Bawa camilan. Setelah makan siang, biasanya kita kerap tergoda untuk jajan ke minimarket dekat kantor atau ke kafe untuk membeli cake atau Apalagi kalau sudah masuk jam-jam sore ketika perut mulai lapar! Nah, tahan kebiasaan itu dengan membawa camilan dari rumah. Entah itu kacang-kacangan, salad, buah segar, pokoknya apa pun deh yang bisa menahan kamu dari jajan di luar!
  4. Cari alternatif menuju kantor. Jika selama ini kamu menyetir sendiri untuk pergi ke kantor, look for colleagues who live near you that you could car-share with. Lumayan, lho. Kamu bisa menghemat biaya bensin dan pastinya, perjalanan ke kantor jadi lebih menyenangkan karena ada temannya. Atau mungkin kalau tidak ada yang searah denganmu, kamu bisa coba naik kendaraan umum untuk mencapai kantor.

Gimana menurut kamu? Siap untuk berhemat di kantor? Jika kamu punya tips hemat lain yang bisa dibagikan, silakan tulis di kolom  komentar, ya!

Tags: , ,

Leave a Reply