Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater

Solar water heater atau pemanas air tenaga sinar matahari atau surya merupakan alternatif pemanas air yang ramah lingkungan. Pemanas air ini sebenarnya sangat cocok untuk digunakan di Indonesia yang merupakan negara tropis dan mendapatkan sinar matahari hampir sepanjang tahun.

Namun, harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan pemanas air jenis lainnya, membuat water heater ini belum sepopuler

solar water heater

solar water heater

pemanas air lainnya. Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan pemanas air tenaga sinar matahari ini.

Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan solar water heater , yakni:

Anda bisa mendapatkan air panas sepanjang tahun. Mengingat Indonesia berada di daerah tropis yang terkena sinar matahari sepanjang tahun, maka bisa dipastikan Anda akan bisa menikmati air panas dalam waktu yang lama. Untuk waktu dimana sinar matahari jarang muncul, seperti saat musim hujan, solar water heater  biasanya juga dilengkapi dengan tambahan energi listrik. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan air panas ketika musim penghujan datang. Soal biaya listrik juga tidak perlu khawatir karena waktu ketika matahari tidak terlihat di musim penghujan tidaklah terlalu lama.

Membantu Anda berhemat.  Berbeda dengan menggunakan pemanas air tenaga listrik, Anda tidak perlu membayar untuk bisa mendapatkan sinar matahari sebagai sumber energi pemanas air ini. Artinya Anda bisa menghemat biaya listrik sepanjang pemakainnya. Anda cukup hanya membayar harga pemanas dan biaya pemasangan di awal, selanjutnya Anda tidak perlu membayar lagi. Saat ini bahkan Beberapa penjual pemanas air ada yang memberikan promo berupa menanggung biaya installasi awal.  Sehingga bisa lebih meringankan biaya yang harus Anda keluarkan di awal.

Ramah lingkungan. Pemanas air tenaga matahari merupakan teknologi yang ramah lingkungan, dengan sistem pemanas yang selalu dapat diperbarui, serta mampu mengurangi emisi karbon dioksida, yang merupakan gas buangan dari mesin pemanas air tenga listrik atau bahan bakar lainnya, yang berbahaya bagi kesehatan manusia serta lingkungan. Berbeda dengan water heater gas yang berbahaya bagi kesehatan jika Anda salah dalam penggunaannya atau terjadi kebocoran yang tidak Anda sadari.

Melilhat semua keuntungan dan manfaat ini, rasanya memang tidak bisa dipungkiri lagi keunggulan dari pemanas air tenaga surya dibandingkan dengan pemanas air lainnya.

 

Tags: , ,

Leave a Reply