Keuntungan Menggunakan Jasa Cloud

Jasa Cloud Indonesia banyak dimanfaatkan oleh pebisnis di Indonesia dalam bisnisnya. Cloud atau Cloud computing merupakan jasa komputasi berbasis internet. Lebih jelasnya adalah usaha penyediaan seumber daya, perangkat lunak serta data pada suatu komputer atau perangkat lainnya dengan menggunakan server yang digunakan bersama-sama.

Beberapa kalangan menyebutkan layanan cloud ini sama seperti layana listrik yang ada di rumah-rumah warga. Di mana untuk bisa menikmati listrik orang tidak harus membangun pembangkit listrinya sendiri namun dengan cukup dengan menyambungkan listrik ke rumah menggunakan penyedia layanan listrik (PLN) dan kemudian akan dilakukan pembayaran pada akhir bulan. Begitu juga dengan sistem kerja

Cloud Computing.

Misalnya saja pemilik bisnis yang membutuhkan aplikasi CRM untuk bisnisnya, tidak perlu harus membeli aplikasi dan kemudian membeli hardware serta memiliki tim khusus IT untuk menjaga server dan aplikasi tersebut yang tentunya membutuhkan tenaga dan biaya yang besar.

cloud computing

cloud computing

Pemilik bisnis bisa memanfaatkan jasa Cloud computing yang nantinya akan menyambungkan perusahaan dengan penyedia layanan tersebut melalui internet. Lebih mudah dan ringkas.Pemilik bisnis juga bisa memanfaatkan cloud storage untuk menyimpan data perusahaannya.

Selain kemudahannya tadi, ada beberapa keuntungan dari cloud computing yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis, baik bisnis skala kecil maupun besar, di antaranya:

Mengurangi biaya IT

Daripada membeli sistem atau aplikasi yang mahal untuk perusahaan, pemilik bisnis dapat mengurangi biaya ini dengan cara “menyewa” aplikasi dari disediakan oleh provider cloud computing. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa ini bisa lebih murah karena pemilik bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar staff ahli untuk aplikasi dan server tersebut.

Jaminan  bila terjadi kerusakan atau gangguan

Bisnis yang menggunakan jasa cloud computing untuk menyimpan data perusahaannya akan lebih cepat untuk memperbaiki diri bila terjadi kerusakana atau gangguan pada sistemnya. Ini karena data tersebut aman tersimpan di cloud. Waktu untuk perbaikan ini pun bisa lebih cepat 4 kali lipat dibandingan dengan perusahaan yang tidak menggunakan jasa cloud.

Kemudahan dalam mengakses data

Karyawan bisa mengkases data dimanapun ia berada, tanpa harus berada di kantor. Karyawan bisa mengubah atau menambahkan data dengan mudah dari satu file copy yang sama yang juga bisa diakses secara bersamaan.

Update otomatis

Beberapa provider memberikan update secara otomatis untuk aplikasi atau sistem yang digunakan pada jasa cloud tersebut. Sehingga aplikasi yang digunakan oleh bisnis akan selalu up-to-date.

Melihat berbagai keuntungan ini tidak heran jasa Cloud Indonesia sangat penting bagi bisnis. (raw)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: