Keuntungan Menggunakan Cat Pelapis Tahan Panas

Iklim Indonesia yang tropis membuat cuaca di negara ini terasa sangat panas dan gerah. Apalagi pada saat musim kemarau, udara panas tidak hanya akan terasa pada siang hari saja namun juga pada malam hari. Panasnya pun tidak hanya terasa di luar namun juga di dalam rumah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa panas di dalam ruangan adalah dengan menggunakan cat pelapis yang bisa menolak panas dari luar.

Selama ini kita sudah lebih dulu mengenal cat pelapis tahan bocor yang bisa membantu ketika hujan turun agar rumah tidak bocor atau rembes. Nah, saat ini ada lagi jenis cat pelindung atau pelapis bangunan yang tidak hanya berguna menjaga agar dinding tidak bocor namun juga memantulkan panas terik matahari pada permukaan rumah atau bangunan. Sehingga dapat membantu menjaga suhu ruangan dalam ruangan tetap dingin alias adem.

Selain mampu mendinginkan ruangan, pengunaan cat ini pun memiliki keuntungan lain, yakni:

Hemat listrik. Penggunaan cat anti panas ini diklaim dapat menghemat biaya listrik. Karena, dengan suhu ruangan yang sudah dingin ini, berarti kita tidak lagi perlu menghidupkan AC di dalam ruangan.

Dapat memperpanjang umur bangunan, perubahan cuaca/suhu yang ekstrem dari siang ke malam biasanya merupakan penyebab utama kerusakan pada bangunan. Dengan menggunakan cat tahan panas ini, bangunan pun akan terlindungin dari panas yang ekstrem pada siang hari. Sehingga bangunan bisa terhindar dari efek buruk tersebut.

Ramah lingkungan. Karena dapat mengurangi kebutuhan akan penggunaan AC, artinya juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca serta berbagai polutan udara dari pembangkit listrik.

Membantu memperlambat perubahan iklim. Penggunaan cat pelindung tahan panas pada atap bangunan dapat membantu mengurangi penyerapan panas pada permukaan bumi. Sehingga dapat juga membantu mendinginkan suhu permukaan bumi dan mengurangi radiasi panas ke atmosfer serta mengimbangi pemanasan yang disebabkan dari gas rumah kaca.

Selain digunakan pada dinding dan atap rumah, cat pelapis tahan panas ini pun bisa digunakan untuk bangunan lain seperti pabrik dan perkantoran. Tertarik menggunakannya?

Leave a Reply

%d bloggers like this: