Ketika Listrik Padam di Data Center

Pernah bertanya-tanya apa yang akan terjadi ketika pemadaman listrik terjadi di seluruh Jakarta? Tentunya, tidak akan ada alur listrik yang akan menyuplai kehidupan kita, ya. Seluruh Jakarta akan mati total karena lampu pun akan kehilangan sinarnya. Lantas, apa yang pada data center Jakarta? Data center membutuhkan arus listrik untuk melakukan maintain dan server yang ada di dalamnya tidak boleh mati sedetik pun. Sebab sekalinya listrik mati, maka kerugian yang akan ditimbulkan pada data center itu akan sangat besar sekali. Akan terjadi downtime, di mana server, storage, network, dan semua aplikasi yang didukungnya tidak bisa diakses sama sekali. Bahkan, data-data yang ada di dalamnya terancam hilang. Waduh, gimana ya?

Tenang dulu. Dalam dunia data center, ada yang dikenal dengan nama Uninterruptible Power Supply atau UPS.

collocation indonesia

UPS ini merupakan komponen yang sangat penting. Ketika listrik padam, maka UPS ini akan langsung mengambil alih tanggung jawab sebagai cadangan listrik sederhana. Berkat bantuan UPS, seluruh komponen di data center bisa mendapatkan daya listrik tanpa jeda saat perpindahan suplai energi ke genset.

Apakah fungsi UPS hanya sampai di situ saja?

Tentunya tidak. UPS tidak hanya mampu menstabilkan arus listrik saja, tetapi juga dapat menjaga data-data tidak hilang ketika listrik padam. UPS berbeda dengan genset, karena UPS akan langsung berfungsi saat listrik mati dengan tiba-tiba. Sementara pada genset, alat itu membutuhkan waktu selama beberapa saat untuk memberikan suplai energi. Satu hal yang patut diingat, UPS ini hanya cadangan energi sementara, sehingga tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, UPS sangat bergantung sekali dengan keberadaan baterai. UPS akan difungsikan untuk menunggu hingga genset berfungsi.

Baterai UPS akan tahan selama dua hingga empat tahun. Namun semua itu kembali lagi pada ukuran dan kondisi beban yang di back up oleh UPS. Semakin muda usia baterainya, maka kinerjanya semakin dapat diandalkan. Nah, mengingat pentingnya keberadaan UPS ini, maka komponen ini pun selalu ada di dalam setiap data center.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: