Kesalahan dalam Menyusui yang Harus Dihindari

Masa menyusui merupakan tahapan yang sangat penting bagi seorang bayi. Bagaimana tidak, air susu ibu (ASI) merupakan makanan pertama bagi seorang bayi yang akan menunjang pertumbuhannya di kemudian hari. Karena itulah, demi memberikan yang terbaik bagi sang buah hati, Ibu biasanya akan berusaha memberikan ASI dengan kualitas terbaik dan mengonsumsi susu ibu menyusui agar persediaan ASI lancar dan berlimpah. Namun, itu saja tidak cukup, kadang ternyata ada beberapa kesalahan yang dilakukan ibu hamil dan berpengaruh buruk pada proses

ibu menyusui

ibu menyusui

menyusui ini. Jangan merasa sedih dan tidak percaya diri, sebab kesalahan seringkali dilakukan oleh para Ibu yang baru memiliki buah hati, termasuk melakukan kesalahan saat mencuci botol susu bayi.

Berikut beberapa kesalahan dalam masa menyusui yang sebaiknya dihindari oleh Ibu, di antaranya:

Tidak mencari informasi yang cukup

Tidak sedikit kaum Ibu yang masih menganggap mencari informasi seputar menyusui itu tidak penting karena menganggap hal itu merupakan hal yang alami dilakukan wanita. Padahal, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi proses menyusui serta kualitas ASI ini, dan mengetahui faktor-faktor tersebut dapat sangat membantu.

Tidak mempercayai insting

Sangatlah penting untuk bisa mendengarkan kebutuhan bayi serta insting Anda saat masa menyusui. Beberapa Ibu kadang merasa bahwa susu ASI-nya tidak mencukupi kebutuhan bayinya, sehingga kadang mereka akhirnya memberikan suplemen tambahan atau bahkan susu formula untuk bayinya demi berusaha memenuhi kebutuhan gizi. Padahal hal tersebut tidak diperlukan. Intinya, selama berat badan bayi Anda bagus, maka Anda sudah cukup memberikan asupan ASI baginya.

Tidak memompa ASI

Memompa ASI secara rutin ternyata dapat membantu memperlancara produksi ASI ibu menyusui. Ini karena, kadang persediaan ASI yang tidak dikeluarkan nantinya akan membuat tubuh menanggap bahwa produksi ASI yang dibutuhkan ibu dan bayi hanya sebanyak itu dan kemudian akan stop memproduksinya dalam jumlah banyak.

Mengindari makanan tertentu

Tidak sedikit ibu menyusui yang kemudian menghindari mengonsumsi beberapa jenis makanan karena menganggapnya tidak baik bagi si bayi. Padahal, selama si bayi tidak alergi terhadap makanan tersebut, maka Anda tidak perlu mengurangi atau menghindarinya. Anda bisa dapat menikmati banyak varian makanan tanpa takut akan mempengarui kualitas ASI Anda.

Mengabaikan rasa sakit

Rasa sakit yang dirasakan saat menyusui memang kadang dirasakan dan merupakan hal wajar, terutama bila Anda baru pertama kali menyusui. Namun bukan berarti hal ini merupakan hal yang normal. Bila Anda merasakan sakit yang berlebih, maka sebaiknya segera hubungi dokter, karena itu bisa saja merupakan tanda dari tidak baiknya proses laktasi tersebut.

Itu tadi beberapa kesalahan dalam menyusui yang sering dilakukan. Semoga dengan mengetahuinya, Anda dapat menghindarinya, ya. (RAW

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: