Kenali Beberapa Suara yang Muncul Pada Mobil

Ketika mengendarai sebuah mobil, Anda mungkin pernah mendengar suara yang muncul pada mobil Anda. Munculnya suara ini, sebenarnya memang tidak akan menyebabkan kerusakan parah pada mobil Anda. Tapi, jika suara yang muncul ini hanya dibiarkan begitu saja, tidak menutup kemungkinan mobil Anda pun akan mengalami rusah parah. Meskipun Anda sudah memakai oli mobil terbaik, tapi bisa saja suara yang muncul ini tidak akan mau pergi dari mobil Anda, bahkan terkadang malah menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada mobil Anda.

Lantas, apa sajakah suara yang muncul pada mobil, dan harus Anda kenali sedini mungkin agar tidak menyebabkan

perawatan mobil

perawatan mobil

kerusakan parah? Yuks, langsung saja disimak beberapa diantaranya:

  1. Suara Mesin Mobil. Apabila Anda mendengar suara yang muncul pada mesin mobil, sebaiknya Anda sesegara mungkin membawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Kenapa? Yaa, munculnya suara pada mesin mobil hanya akan menyebabkan putusnya beberapa komponen yang ada di dalam mobil   Anda. Jika komponen ini sudah putus, maka akan membuat mobil Anda mogok dan tidak akan bisa dikendarai lagi. Jika tidak ada komponen yang surak, bisa jadi suara muncul bisa dikarenakan oli mesin di dalam sudah sangat rusak dan tidak diganti. Pastikan Anda menggantinya dengan oli mesin yang baru. Pastikan Anda menentukan oli mobil terbaik yang cocok bagi mesin mobil Anda.
  2. Suara Mendengung Pada Roda Mobil. Munculnya suara mendengung pada roda mobil, biasanya terjadi saat Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, yang mengakibatkan adanya gesekan roda dengan aspal jalanan. Apabila suara mendengung ini terus muncul, alangkah baiknya Anda langsung memeriksa bagian bearing roda. Dengan memeriksa bearing roda, maka Anda akan langsung mengetahui kenapa suara mendengung muncul pada roda mobil Anda.
  3. Suara Kasar seperti Ada Dua Buah Lempeng yang Saling Bergesekan. Biasanya, kasus yang seperti ini terjadi apabila Anda menghentakkan gas sekuat mungkin, yang menyebabkan adanya penggerakan pada roda belakang. Jika hal ini terus muncul, maka Anda bisa memeriksa cross jointnya, yang mungkin saja sudah aus bahkan terkadang pecah.
  4. Suara Wiper Pada Mobil. Adanya bunyi suara wiper, terkadang disebabkan oleh bosh wiper yang sudah rusak, karet wiper yang sudah kering, tempat duduk wiper arm sudah lemah, dan sebagainya. Nah, jika hal ini terjadi sebaiknya Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Biasanya, tukang servis mobil langsung mengerti masalah yang muncul pada mobil Anda
  5. Suara di Dekat Plat Kopling. Kemudian, suara yang muncul biasanya terdapat di dekat plat kopling mobil Anda. Munculnya suara di dekat plat kopling ini disebabkan oleh keringnya ball joing dan tierod. Untuk lebih meyakinnya, Anda bisa mematikan mesin dan menggoyangnya ke kiri dan kanan. Apabila suara keluar dengan begitu keras, Anda harus membawanya langsung ke bengkel terdekat.

Demikianlah, beberapa suara yang muncul pada mobil, dan harus Anda kenali sedini mungkin! – SH–

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: