Kebijakan Menurunkan Berat Badan

Banyak cara menurunkan berat badan, tapi ternyata hal ini tidak begitu berpengaruh pada fakta bahwa jumlah penderita obesitas tetap saja meningkat. Jumlah kasus obesitas di dunia makin tahun makin membengkak. Bahkan diperkirakan pada tahun 2015, sekitar 2,3 milyar orang dewasa akan memgalami kelebihan berat badan dan lebih dari 700 juta orang mengalami obesitas .

Di  Amerika dan Inggris disebut – sebut sebagai Negara dengan kasus obesitas tertinggi didunia. Obesitas juga memicu keresahan di kawasan Eropa karena lebih dari setengah penduduk dewasanya mengalami obesitas yang meningkat dua kali lipat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Obesitas menjadi perhatian yang serius bagi beberapa negara karena obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit yang siap

menurunkan berat badan

menurunkan berat badan

mengintai dibalik tumpukkan lemak pada tubuh. Mulai dari penyakit diabetes hingga penyakit kardiovaskular (kelas penyakit yang melibatkan pembuluh jantung atau darah (arteri dan vena). Karena banyaknya penyakit yang menghantui para penduduk negara yang obesitas ini maka beberapa negara sudah mengeluarkan beberapa cara untuk mengurangi masalah obesitas ini.

Banyak cara menurunkan berat badan yang telah dilakukan oleh negara yang mulai peduli terhadap obesitas :

• Di Amerika, Presiden Barack Obama menandatangani undang – undang khusus yang disiapkan untuk mengatasi obesitas pada anak ( Healthy Hunger – Free Kids Act ) yang mengatur layanan makan siang dan makan malam gratis disekolah dengan menu makanan sehat yang standar nutrisinya telah ditetapkan dan sesuai dengan kebutuhan anak – anak

• Di Inggris, Andrew Lansley ( Menteri Kesehatan Inggris ) meluncurkan tawaran untuk mengurangi tingkat obesitas di Inggris pada tahun 2020. Dia mengatakan agar seluruh penduduk Inggris mengurangi sekitar 5 miliar kalori dalam makanan mereka perhari dari jumlah yang mereka konsumsi saat ini.

• Di Denmark, diberlakukan “ Pajak Lemak( pajak yang ditujukan untuk makanan yang mengandung lemak jenuh lebih dari 2,3 % )”. Hasil pendapatan pajak tersebut akan digunakan untuk membantu mendanai upaya memerangi obesitas. Pajak ini telah disetujui oleh Parlemen pada bulan Maret tahun 2011.

• Di Malaysia, pemerintah menyusun Undang – Undang Antiobesitas dan menurunkan subsidi gula. Bahkan, Kementerian Pengajaran Malaysia juga melarang penjualan minuman yang mengandung soda serta makanan yang berminyak di kantin – kantin sekolah.

Setidaknya pemerintah negara-negara di atas sudah mulai peduli dengan kesehatan penduduk mereka, yang terpenting adalah lakukan cara menurunkan berat badan dengan sehat dan alami. Badan sehat bugar dan panjang umur.

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: