Kebiasaan Tidur yang Sehat

Obat kanker semakin banyak, mulai dari obat yang dianjurkan oleh dokter hingga obat-obatan herbal yang dipercaya dapat menyembuhkan kanker. Obat kanker herbal misalnya daun sirsak. Banyaknya obat-obatan herbal sebagai penyembuh kanker tidak lepas dari fakta bahwa semakin banyaknya orang yang menderita kanker.

Mengapa penyakit kanker ini semakin meningkat? Salah satu jawabannya adalah karena gaya hidup, misalnya kurangnya tidur sehat. Masalah tidur sehat terlihat sepele, tapi ternyata dalam sebuah studi terhadap 1.240 orang pada tahun oleh para peneliti dari Case Western

tidur sehat

tidur sehat

University, menemukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker hingga 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

Melihat fakta

Tidak semua orang dapat menikmati tidur dengan baik. Akibatnya adalah terkadang mereka terlihat menguap bahkan mengantuk pada saat beraktivitas keesokan harinya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, biasakanlah untuk melakukan kebiasaan – kebiasaan berikut ini :

1. Ciptakan lingkungan yang Kondusif

Pastikan ruangan yang Anda gunakan untuk tidur terbebas radio atau televisi. Ciptakanlah ruangan yang sejuk atau dingin karena hal ini akan memudahkan orang untuk terlelap. Matikan lampu, seprai dan sarung bantal juga kasur pastikan dalam keadaan bersih.

2. Konsisten Waktu Tidur

Masing – masing orang mempunyai jam biologis yang mencatat dan melacak pola tidur. Otak akan secara otomatis mengirim sinyal ke tubuh bila sudah saatnya tidur dan tubuh juga akan otomatis bangun ketika sudah cukup tidur. Hal ini akan didapat kalau Anda konsisten dalam mengatur waktu istirahat.

3. Perhatikan Makanan dan Minuman

Jangan mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung kafein dan nikotin karena kedua zat tersebut akan mengganggu waktu tidur Anda.

4. Hindari Tidur Siang

Tidur siang sudah mencukupi waktu istirahat / tidur Anda hari itu. Jadi hal ini dapat membuat Anda terjaga di waktu malam.

5. Turunkan Suhu Tubuh

Hindari mandi air panas sebelum tidur karena ini akan memperlambat waktu tidur Anda. Orang akan cepat tertidur bila suhu tubuhnya turun atau normal.

6. Jangan Memaksa Diri Untuk Tidur

Lakukanlah kegiatan yang bisa membuat Anda lama – kelamaan menjadi mengantuk, misalnya membaca, mendengar musik yang lembut bila Anda tidak bisa tidur.

7. Teratur berolahraga

Gerakkan tubuh sekitar 20 menit setiap hari. Namun jangan dilakukan berdekatan dengan waktu tidur karena hal ini akan membuat suhu tubuh Anda meningkat sehingga Anda akan terus terjaga.

Tidur yang berkualitas tentu akan membuat Anda sehat.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: