Kapan Sebaiknya Anda Mengganti Peralatan Rumah Tangga?

Saat pertama kali menempati apartemen The Parc tentunya Anda memenuhi ruangan dengan berbagai macam peralatan rumah tangga untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Mungkin tidak semuanya baru, beberapa peralatan rumah tangga lama Anda juga masih bisa digunakan, sehingga masih bisa digunakan di apartemen baru.

sampah elektronik

sampah elektronik

Namun ingat, untuk meningkatkan fungsi dan keamanan apartemen, Anda harus mengganti beberapa peralatan rumah tangga secara rutin. Nah, kapan sih sebenarnya waktu yang tepat untuk mengganti peralatan rumah tangga? Ini dia beberapa daftar usia yang tepat untuk mengganti peralatan rumah tangga!

  • Lemari es

Coba ingat-ingat kembali sudah berapa lama usia lemari es Anda? Jika sudah melewati 15 tahun, sebaiknya ganti dengan baru. Sebab, biasanya lemari es yang sudah berusia lebih dari 10 tahun akan memakan lebih banyak energi. Gantilah dengan lemari es baru yang lebih hemat energi. Selain bisa meringankan tagihan Anda, lemari es yang hemat energi juga akan lebih ramah lingkungan.

  • Mesin cuci

Jika Anda menggunakan mesin cuci secara rutin dan hampir setiap hari, seharusnya mesin cuci tersebut hanya akan bertahan selama 8-12 tahun. Selebihnya dari itu, Anda perlu melakukan reparasi pada bagian tertentu seperti packing pintu atau motor dinamo jika timbul suara berisik pada mesin cuci tersebut. Biasanya meskipun sudah diperbaiki, mesin cuci yang sudah lama akan kembali mengalami masalah. Jika demikian, rencakanlah untuk membeli mesin cuci baru.

  • Karpet

Biasanya karpet dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya. Namun, jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, tak ada salahnya untuk mengganti karpet sebelum berusia 10 tahun. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran bakteri dan tungau yang bisa menyebabkan alergi, iritasi kulit, bahkan asma.

  • AC

Perawatan yang rutin mungkin bisa membuat AC bertahan selama lebih dari 10 tahun. Namun jika ruangan terasa lembab, terjadi fluktuasi suhu, atau terdengar suara berlebihan dari AC, sebaiknya ganti dengan yang baru.

  • Water Heater

Water heater atau pemanas air seharusnya mampu bertahan selama 12 tahun. Sebaiknya kuraslah alat ini dua kali dalam setahun untuk mengurangi penumpukan sedimen dan meningkatkan efisiensinya. Selain itu, Anda juga dapat menurunkan thermostat untuk mengurangi panas berlebih dan memperpanjang umur water heater tersebut. (Source: thespruce.com)

Semoga membantu! (Rima)

Leave a Reply

%d bloggers like this: