Jenis-jenis Water Heater

Water heater atau biasanya di sebut pemanas air yang sering digunakan terutama ketika cuaca dingin di malam hari memiliki banyak jenis berdasarkan sumber pemanasnya.

Berikut beberapa jenis dari water heater tersebut :

Gas Water Heater

Sesuai namanya, water heater  ini bekerja menggunakan gas elpiji. Gas water heater mempunyai bentuk persegi yang tidak terlalu besar. Ciri-cirinya diatas pemanas air ini ada lubang silinder yang berfungsi sebagai cerobong asap (kenalpot) untuk membuang asap hasil pembakaran, namun cerobong ini tidak akan mengeluarkna asap sedikitpun karena cara bekerjanya adalah membakar air yang melewatinya, tetap diperlukan cerobong asap

water heater

water heater

tersebut. Hanya dibutuhkan waktu 3-5 menit agar air menjadi panas.

Electric Water Heater

Ada 2 jenis pemanas air yang sama-sama menggunakan suplai listrik, pemanas air listrikmemakai tangki dan pemanas air listrik tanpa tangki (tankless). Zaman dahulu, yang banyak ditemukan adalah pemanas air listrik dengan tangki. Ciri-ciri pemanas air dengan tangki adalah bentuknya yang besar, biasanya berbentuk bundar horizontal atau juga vertikal. Karena bentuk fisiknya yang besar, kebanyakan orang akan meletakkannya diluar kamar mandi namun ada juga yang menggantungkannya didalam kamar mandi. Cara kerja pemanas air ini sederhana, sebenarnya bentuknya yang bulat dan besar itu adalah tangki air untuk menyimpan cadangan air panas yang belum terpakai. Cadangan air panas inilah yang selalu siap sedia jika Anda ingin memakai air panas tanpa perlu menunggu.

 

Sedangkan pemanas air listrik tanpa tangki. Bentuknya kecil dan mudah dalam instalasinya, namun yang diperhatikan adalah water heater  jenis ini memakai listrik sangat besar, bisa mencapai 2. 000 Watt.

Solar Water Heater

Solar water heater  mengandalkan panas matahari untuk memanaskan airnya. Itu mengapa pemanas air jenis ini selalu menyertakan tangki yang sangat besar yang berguna untuk menampung air panas. Beberapa tipe pemanas air matahari ini juga dilengkapi dengan pemanas listrik yang gunanya adalah tetap menjamin suplai air panas jika sedang musim hujan dimana ketika matahari jarang bersinar terik.Pemasangan solar water heater ini setelahnya tidak akan mengeluarkan biaya operasional lagi karena cukup mengandalkan matahari.

Heat Exchanger Water Heater

Dinamakan heat exchanger ini adalah karena sumber panas dari pemanas air ini adalah berasal dari udara panas yang dihembuskan oleh compressor AC rumah. AC rumah mengandalkan bekerja dengan menggunakan compressor memompakan freon yang akan mengembun dan sebagai gantinya udara panasnya dibuang oleh compresor menuju keluar. Prinsip kerja heat exchanger water heater ini adalah mengumpulkan panas yang dibuang oleh compressor kemudian dialirkan ke tabung penyimpanan air untuk memanaskan air disana.

Portable Water Heater

Jenis lainnya, ada portable water heater. Portable water heater ini relative murah. Cara penggunaanya mudah yaitu dengan mencelupkan water heater  ke dalam seember air dan colokkan ke listrik. Jika air sudah hangat tinggal dicabut saja dan mandi. Watt yang dibutuhkanpun kecil karena yang dipanaskan adalah air dalam kuatitas kecil.

Setiap water heater ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda. (mew)

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: