Jenis-Jenis Teh

Salah satutips mengecilkan perut adalah dengan mengkonsumsi teh hijau, selain teh hijau masih banyak jenis teh lainnya yang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Teh bisa dikelompokkan menjadi teh hijau, teh putih, teh hitam, dan teh oolong berdasarkan cara pengolahannya walaupun berasal dari spesies tanaman yang sama. Daun teh yang baru dipetik bila tidak segera dikeringkan akan menjadi layu dan mengalami oksidasi. Proses oksidasi dapat dihentikan pada tahap tertentu. Setelah dikeringkan, daun teh akan berubah menjadi warna gelap karena adanya pemecahan klorofil dan unsur  tanin yang terlepas. Proses selanjutnya adalah pemanasan basah dengan uap panas agar kandungan air

jenis teh

Jenis Teh

pada daun menguap.

Berikut adalah ragam jenis teh :

  • Teh Hijau, berasal dari daun yang langsung diproses setelah dipetik. Proses oksidasi pada daun akan dihentikan dengan pemanasan ( dengan uap seperti cara tradisional Negara Jepang, disebut ocha, atau dengan menggongseng di atas wajan panas seperti cara tradisional Negara Cina ) setelah proses oksidasi dalam jumlah minimal. Daun teh yang sudah kering dapat dijual dalam bentuk lembaran daun teh, atau berbentuk bola – bola kecil ( setelah daun digulung rapat menyerupai bola ).
  • Teh Putih, berasal dari pucuk daun terbaik dari setiap pohon dan tak melewati proses penguapan. Pucuk daun ini tidak mengalami proses oksidasi dan terlindung dari sinar matahari sebelum dipetik untuk menghalangi terbentuknya klorofil. Harga teh ini agak mahal karena diproduksi dalam jumlah terbatas. Cara menyeduhnya tidak boleh terlalu panas agar daunnya yang lembut tidak rusak. Lama seduhan daun ini cukup 20 detik saja.
  • Teh Hitam, berasal dari daun yang dibiarkan teroksidasi secara penuh sekitar dua minggu hingga satu bulan. Jangan rendam teh ini terlalu lama dalam air panas agar rasanya tidak terlalu pahit ( maksimal lima menit saja ). Teh hitam merupakan teh yang paling umum di sebagian Negara Afrika dan Asia Selatan.
  • Teh Oolong, berasal dari daun yang cukup besar dan cukup tua. Daun dibuat layu setelah dipetik agar hilang kelembabannya. Sebelum proses semi fermentasi, daun dibiarkan kering dibawah keteduhan. Teh oolong kental dibuat dari dua sendok the untuk satu cangkir air mendidih dan direndam selama tujuh menit agar rasanya lebih nikmat. Bila ingin teh oolong yang encer, cukup rendam satu sendok teh selama tiga sampai lima menit dalam secangkir air yang tidak terlalu mendidih.
  • Teh Herbal, berasal dari rendaman bunga, buah, biji, atau akar tumbuhan yang sudah dikeringkan. Walaupun tidak mengandung unsur teh sedikitpun, teh ini sangat digemari karena nikmat dan wangi.

Menurunkan berat badan dengan teh lebih ke kesehatan, melancarkan pencernaan, dan dapat digunakan kopi ataupun minuman bersoda yang tidak baik untuk kesehatan. (Mew)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: