Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Allianz Klaim asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan untuk membantu dan melindungi Anda dari kerugian finansial yang tidak terduga akibat kematian, usia tidak produktif atau cacat permanen. Asuransi ini cocok untuk yang sudah berkeluarga, memiliki anak, dan memiliki posisi krusial yaitu sebagai sumber keuangan dalam keluarga. Dengan menggunakan asuransi ini, secara finansial keluarga yang ditinggal bisa aman tanpa mengeluarkan uang simpanan. Untuk memilih asuransi jiwa Anda harus memahami jenis-jenisnya, kelebihan dan kekurangannya seperti

insurance

insurance

premi asuransi jiwa yang nantinya bisa Anda bandingkan dan pilih. Berikut adalah tiga jenis asuransi jiwa yang sering ditawarkan:

  1. Asuransi Jiwa Berjangka atau Term Life Insurance

Asuransi jenis ini adalah asuransi termurah diantara asuransi yang lainnya, hal ini disebabkan asuransi ini bisa menyesuaikan dengan kemampaun pemegang polis, sehingga cocok untuk yang berpendapatan menengah. Biasanya kontrak asuransi yang ditawarkan dengan jangka waktu 5 tahun, 10 tahun dan 20 tahun. Perlu diketahui jika masa kontrak sudah habis dan tidak terjadi kejadian tak terduga sesuai dengan perjanjian awal, maka uang premi yang dibayarkan hangus.

  1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup atau Whole Life Insurance

Tidak seperti asuransi berjangka, asuransi jiwa seumur hidup ini akan memberi proteksi selama 99 tahun atau 100 tahun. Tidak secara harafiah seumur hidup, namun dari penelitian Badan Pusat Statistik, angka harapan hidup penduduk Indonesia adalah 70 tahun. Untuk premi, asuransi jiwa ini lebih mahal dan nilai tunai dari total premi yang sudah dibayarkan tidak terlalu besar karena bunga hanya 4% tahunnya dan belum dipotong pajak. Namun dengan asuransi ini bisa memberi kemudahan jika sewaktu-waktu pemegang premi tidak dapat membayar angsuran dengan membayar dari nilai tunai premi sebelumnya. Asuransi ini juga membantu dalam membangun rencana jangka panjang seperti warisan.

  1. Asuransi Jiwa Dwiguna atau Endowment Insurance

Asuransi ini memberikan dua manfaat yaitu sebagai asuransi berjangka juga sebagai tabungan. Asuransi ini cocok untuk yang berkeluarga dan memiliki anak karena pada jangka waktu tertentu nilai tunai dari premi bisa dikembalikan kepada pemegang polis sesuai dengan perjanjiannya dan bisa digunakan untuk biaya pendidikan. Untuk biaya premi, memang asuransi dwiguna ini jauh lebih mahal daripada jenis asuransi yang lainnya. Namun asuransi ini menjamin jika pemegang polis masih hidup sampai jangka waktu berakhir, maka pemegang polis mendapatkan seluruh uang pertanggungan.

Itulah tiga jenis asuransi yang bisa menjadi pilihan Anda. Ingat, asuransi jiwa adalah salah satu bentuk pencegahan musibah finansial di masa depan. Anda bisa menjaga dan memastikan kesejahteraan keluarga Anda dengan memiliki asuransi jiwa!

Leave a Reply

%d bloggers like this: