Jangan Remehkan, Ini Lho Kelebihan Punya Motor 2 Tak

Kapan terakhir Anda melihat motor 2 tak di jalanan? Mungkin kalau pun ada, jumlahnya hanya sedikit ya. Tentu saja, sebab motor 2 tak sudah terancam punah karena belum memenuhi syarat standar emisi Euro3. Jadi tak heran kalau motor 2 tak ini sudah jarang terlihat di jalan. Namun, tenang saja, bagi Anda yang masih menggunakan motor 2 tak, tidak susah kok mencari oli samping terbaik. Beberapa

motor

merk masih tersedia di Indonesia. Meskipun sudah jarang ada dan tidak lolos standar emisi, motor 2 tak tetap tidak bisa disepelekan. Pasalnya, motor ini pernah menjadi primadona di era 80 hingga 90-an. Jadi, terlepas dari kekurangannya, motor 2 tak tentu juga punya kelebihan. Apa sajakah itu?

  • Lebih bertenaga

Motor dua tak memiliki performa motor yang lebih jantan daibandingkan dengan motor jaman sekarang (4 tak). Hal ini bisa dilihat dari tenaga motor yang besar. Mengapa bisa demikian? Hal ini dipengaruhi oleh cara kerja motor 2 tak sendiri. Cara kerja motor 2 tak ini hanya membutuhkan momentum 2 kali putaran piston untuk menghasilkan tenaga, sehingga performa motor pun lebih responsif dan bertenaga. Karena cara kerja mesin yang lebih sederhana, tenaga yang dihasilkan motor 2 tak pun lebih cepat. Bahkan jika dibandingkan dengan motor 4 tak yang memiliki kapasitas mesin yang sama, motor 2 tak tetap menghasilkan tenaga yang lebih kuat. Namun, hal ini bisa terjadi jika Anda memerhatikan penggunaan oli samping pada motor kesayangan Anda. Sebab, salah satu dari 4 fungsi penting oli samping adalah meningkatkan performa motor.

  • Perawatannya lebih mudah

Seperti yang telah diketahui, cara kerja mesin 2 tak memang lebih sederhana dibandingkan dengan mesin 4 tak. Selain menghasilkan tenaga yang lebih gahar, cara kerja mesin dan komponennya yang sederhana ini juga membuat perawatan motor 2 tak menjadi lebih mudah. Coba saja buktikan, kebanyakan bengkel motor pasti mampu untuk melakukan service untuk motor 2 tak.

Meskipun demikian, motor 2 tak memang memiliki pemakaian bahan bakar yang lebih boros dan tidak ramah lingkungan. Namun tetap saja jangan remehkan motor 2 tak dulu karena motor tersebut masih memiliki beberapa kelebihan seperti yang telah disebutkan di atas. (Rima)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: