Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Bagasi Hilang

Ada kekhawatiran tersendiri saat bepergian dengan pesawat, salah satunya adalah takut kehilangan bagasi. Anda yang sudah menggunakan asuransi perjalanan, tentu tak perlu panik karena pihak asuransi bersedia menjamin kerugian yang muncul akibat koper hilang dan sebagainya. Namun demikian, siapa sih yang mau kehilangan koper? Tentu tidak ada, bukan?

Jika sewaktu-waktu bagasi Anda hilang, jangan panik dulu. Belum lama ini, Kementrian BUMN telah merilis tata cara

bagasi hilang

bagasi hilang

yang bisa Anda lakukan jika bagasi hilang ketika melakukan perjalanan dengan pesawat:

  1. Langsung menuju customer service milik maskapai yang bersangkutan di bandara setempat. Ketika menemukan fakta bahwa koper Anda hilang di bagasi, segeralah menuju counter customer service yang ada di bandara setempat. Atau jika tidak ada, langsung hubungi nomor yang tercantum di website resmi maskapai.
  2. Buat laporan kehilangan. Setelah berhasil menghubungi customer service, biasanya Anda akan diminta membuat laporan kehilangan. Deskripsikan barang yang hilang dan jangan lupa sertakan identitas diri serta boarding pass Usahakan untuk menuliskan laporan secara rinci agar bisa segera diproses.
  3. Tunggu update dan informasi terbaru dari maskapai soal bagasi Anda yang hilang. Biasanya, jika ditemukan, bagasi akan dikirimkan ke alamat Anda. Jika hilang, Anda bisa mengajukan klaim ganti rugi.

Patut dipahami juga bahwa setiap maskapai punya prosedur yang berbeda terkait pelaporan bagasi hilang. Namun, tiga langkah di atas merupakan hal yang esensial dan pasti dilakukan oleh setiap maskapai. Yang terpenting, jangan tunda waktu pelaporan karena maskapai punya batas waktu tersendiri untuk mengajukan klaim bagasi hilang atau rusak.

Nah, untuk menghindari kejadian seperti ini, Anda bisa melakukan beberapa tindak pencegahan. Mulai dari:

  • Hindari last minute check-in. Ini biasanya menjadi salah satu penyebab mengapa koper Anda hilang atau terbawa ke destinasi lain.
  • Selalu periksa label yang menempel di koper Anda, apakah sudah sesuai dengan destinasi tujuan atau belum.
  • Tuliskan kontak pribadi dalam luggage tag. Bisa berupa nama, alamat email, atau nomor ponsel.
  • Pasang alat pelacak. Jika Anda benar-benar khawatir dengan koper Anda, bisa juga memasang alat pelacak mini di dalam koper untuk memantaunya.

Kehilangan koper saat bepergian memang tidak menyenangkan. Semoga beberapa hal di atas bisa membantu Anda untuk menghindarinya, ya. Jika bagasi sudah telanjur hilang, semoga bisa segera ditemukan!

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: