Investasi secara Langsung atau Asuransi Unit Link

Saat ini mulai banyak orang yang memikirkan masa depan, sehingga mulai melirik berbagai investasi yang kira-kira akan menguntungkan mereka dimasa depan.Bagi mereka yang memiliki jumlah tabungan cukup besar, biasanya banyak yang menginvestasikannya ke pasar saham, atau investasi jenis lainnya. Lalu bagaimana dengan orang dengan jumlah tabungan tidak terlalu besar? Untuk memenuhi kebutuhan investor ini, maka di sediakanlah satu produk keuangan yaitu Asuransi Unit Link.

Mengapa asuransi unit link ? Asuransi ini merupakan produk asuransi jenis non-tradisional, atau asuransi modern. Produk asuransi ini menggabungkan manfaat asuransi yaitu melindungi nasabah secara finansial dari berbagai risiko dan manfaat investasi. Uang yang dibayarkan sebagai premi bulanan oleh nasabah akan disimpan dalam dua kantong penyimpanan. Uang pada kantong pertama berfungsi untuk melindungi nasabah dan uang pada kantong kedua akan diinvestasikan pada reksa dana dalam bentuk unit link.

asuransi unit link

asuransi unit link

Ada beberapa pilihan investasi yang dapat dipilih oleh nasabah, yaitu reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, atau pasar uang. Investor yang sesuai berinvestasi dalam produk keuangan ini adalah investor dengan tipe konservatif, yaitu investor yang lebih memilih mendapat keuntungan tidak terlalu tinggi karena tidak berani mengambil resiko tinggi.

Walaupun mulai banyak yang tertarik menggunakan asuransi unit link ini, namun asuransi secara langsung tetap diminati. Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian menggunakan salah satu investasi tersebut:

  • Investasi secara Langsung

Pada investasi ini artinya investor secara langsung menginvestasikan dana yang dimilikinya pada bidang investasi tertentu seperti reksa dana, saham, emas atau berbagai bidang lainnya. Karena tidak melibatkan orang lain sehingga keuntungan yang akan didapatkanpun murni menjadi milik investor. Namun, investasi ini kurang tetap jika dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman, karena dalam menentukan bidang investasi, investor harus benar-benar mengetahui seberapa besar resiko yang bisa terjadi dan kerugian yang bisa diterimanya.

  • ASuransi Unit Link

Pada asuransi ini investor diberikan pilihan beberapa tempat untuk menginvestasikan dana yang dibayarkannya. Bagi investor yang masih pemula, investasi ini lebih baik karena pihak asuransi dapat menerangkan secara jelas mengenai keuntungan serta kerugian berinvestasi di berbagai bidang tersebut, sehingga investor dapat memilih investasi mana yang paling dapat di toleransi tingkat kerugiannya. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan asuransi jiwa, sehingga jika terjadi risiko pada nasabah, uang yang diterima oleh ahli waris tidak hanya dari hasil investasi saja, tetapi juga hasil asuransi jiwa. Namun hal yang harus diperhatikan saat memilih asuransi ini adalah, pastikan tingkat risiko kerugian pada agen asuransi, karena seringkali mereka hanya menyebutkan keuntungan saja dan tidak terlalu membahas kerugian. (Yv)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: