Inilah Bagian-bagian Otak Manusia Beserta Masing-masing Fungsinya

Seperti yang kita ketahui, bahwa otak merupakan bagian pusat yang dilapisi oleh tulang tenggkorak. Pada dasarnya, pertumbuhan otak lebih berkembang pesat ketimbang pertumbuhan sumsum tulang belakang. Menurut para peneliti, perbedaan bagian otak dengan sumsum tulang belakang yakni pada tingkat kecerdasannya. Selain dilapisi oleh tulang tengkorak, ada beberapa lapisan lainnya juga yang ikut andil dalam melindungi otak yang diantaranya adalah :

  1. Lapisan Durameter

Bagian Otak ManusiaLapisan yang pertama yakni bernama lapisan durameter. Lapisan yang satu ini merupakan lapisan paling luar, yang memiliki tekstur keras dan kuat. Selain itu, letak lapisan durameter juga menempel pada bagian tulang tengkorak.

  1. Lapisan Piameter

Lapisan yang kedua yakni bernama lapisan piameter. Sama halnya dengan lapisan durameter, lapisan piameter juga merupakan lapisan paling luar. Hanya saja, tekstur lapisan piameter tidak sekeras dan sekuat lapisan durameter.

  1. Lapisan Arachnoid

Dan lapisan yang terakhir adalah lapisan arachnoid. Sangat berbeda dengan kedua lapisan diatas tadi, dimana lapisan arachnoid benuknya sangat mirip dengan jaring laba-laba. Letak lapisan arachnoid tepat persis berada ditengah-tengah lapisan durameter dan lapisan piameter.

Terlepas dari semua hal itu, otak manusia juga terbagi menjadi 3 bagian yang masing-masing diantaranya adalah cerebrum (otak besar), cerebellum (otak kecil), dan medula oblongata (sumsum tulang belakang). Berikut penjelasannya dibawah ini :

  • Cerebrum (Otak Besar)

Otak besar manusia memiliki permukaan yang rumit, serta memiliki ratusan juta sel syaraf yang terbagi menjadi 2 belahan yakni kanan dan kiri. Fungsi otak besar bagian kanan bertugas untuk mengatur aktifitas tubuh kiri, sedangkan fungsi otak besar bagian kiri bertugas untuk mengatur aktifitas tubuh kanan.

  • Cerebellum (Otak Kecil)

Otak kecil manusia terletak pada bagian bawah otak besar. Mengenai fungsinya, otak kecil bertugas untuk menyeimbangkan tubuh. Selain itu, ada otak tengah yang letaknya persis berada di depan otak kecil, dimana ia bertugas untuk merespon semua hal yang kita pikirkan.

  • Medula Oblongata (Sumsum Tulang Belakang)

Pada dasarnya, medula oblongata adalah sumsum lanjutan yang menghubungkan sumsum tulang belakang dengan otak. Mengenai fungsi sumsum tulang belakang diantaranya adalah mengatur pernafasan, mengatur denyut jantung, mengatur tekanan darah, mengatur gerak pencernaan, dan mengatur pembuluh darah.

Demikianlah ulasan mengenai bagian-bagian otak manusia beserta masing-masing fungsinya. Akhir kata cukup sekian, dan semoga ulasan diatas tadi bermanfaat.

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: