Ini yang Terjadi Jika Anda Telat Mengganti Oli Mobil

Sering menggunakan mobil untuk ke kantor atau bepergian jauh? Jika begitu, tentu Anda perlu merawat mesin mobil dengan cara yang tepat. Namun karena beberapa sebab mungkin ada saatnya Anda lupa untuk ganti oli mobil. Padahal oli berfungsi sebagai pelumas mesin yang berperan penting dalam menjaga kondisi mobil lho. Biasanya waktu untuk mengganti oli tergantung dengan seberapa keras kerja mesin dan seberapa sering mobil dipakai. Oleh sebab itu, apabila Anda lupa untuk mengganti oli mesin mobil, jangan heran jika lama kelamaan akan terasa ada yang berbeda pada performa mesinnya. Berikut inilah dampak-dampak yang bisa diakibatkan jika Anda

oli mobil

oli mobil

lupa mengganti oli mobil. (source: carusermagz.com)

  • Membuat Mesin Berkerak

Sebenarnya pengikisan logam pada mesin merupakan hal yang tidak dapat dihindari karena akan terjadi gesekan mekanis terus menerus pada mesin. Pengikisan ini akan membuat oli mesin kotor dan berdebu. Namun kotoran pada oli ini nantinya akan disaring oleh mesin agar tidak berkerak. Nah, bisa dibayangkan jika Anda malas atau seringkali lupa mengganti mobil? Kotoran pada oli akan terus menumpuk sehingga akan tersebar pada mesin dan menimbulkan kerak.

  • Menimbulkan Overheating

Apabila melampaui batas waktu ganti oli yang seharusnya, mesin dapat mengalami overheating karena oli sudah terlalu kotor dan tidak lagi bekerja sebagai pelumas yang efektif. Ketika overheating terjadi, coolant water tidak mampu lagi mendinginkan engine-block sehingga akan terjadi penurunan performa kerja mesin dan bahkan mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian mesin yang lain.

  • Menjadi Boros Bahan Bakar

Ketika oli sudah lama tidak diganti, maka gesekan antara komponen mesin menjadi kasar dan tarikan mesin pun menjadi lebih berat. Akibatnya penggunaan bahan bakar menjadi lebih banyak. Itulah mengapa oli yang kotor dapat membuat pemakaian bensin menjadi boros.

  • Menyebabkan Asap Hitam dari Knalpot

Semakin lama oli tidak diganti, maka semakin besar kemungkinan oli untuk menghasilkan asap hitam. Hal ini perlu Anda waspadai karena selain berbahaya bagi mesin mobil, asap knalpot hitam juga berbahaya bagi lingkungan sekitar.

Nah, karena itu jangan lupa untuk selalu mengganti oli mobil dengan tepat waktu ya! (Rima)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: