Ini yang Menyebabkan Kurangnya Produksi ASI

Ketika memasuki periode menyusui, Ibu mungkin akan mempersiapkan segala hal seperti membeli susu untuk ibu menyusui, mengonsumsi makanan serta minuman Pelancar ASI, dan juga mempelajari teknik memberikan ASI yang tepat untuk si kecil. Namun demikian, apakah pernah terlintas di benak Anda untuk mempelajari apa saja yang bisa menyebabkan kurangnya produksi ASI? Nah, melansir dari Breastfeeding Basics, berikut beberapa hal yang menguangi produksi ASI:

  1. Melahirkan secara caesar. Meski tidak selalu terjadi, dalam beberapa kasus, seorang Ibu yang mengalami
    kekurangan asi

    kekurangan asi

    proses melahirkan secara caesar biasanya akan mengalami keterlambatan dalam produksi ASI. Hal ini disebabkan karena Ibu membutuhkan waktu untuk pulih dan siap secara fisik untuk menyusui.

  2. Harus kembali bekerja setelah melahirkan. Ibu yang kembali bekerja setelah menjalani cuti melahirkan biasanya akan mengalami penurunan ASI. Hal ini disebabkan karena rasa stres dan tertekan yang dialami Ibu karena harus berpisah dengan bayinya. Alhasil, produksi ASI dari Ibu pun berkurang.
  3. Puting lecet. Ternyata, lecetnya puting payudara Anda bisa mengganggu proses pemberian ASI. Sebab Anda secara tak sadar akan ‘menyudahi’ proses pemberian ASI karena payudara Anda terasa nyeri. Untuk itu, saat hendak menyusui si kecil, usahakan untuk selalu mengganti posisi secara rutin agar puting tidak lecet, ya.
  4. Penggunaan pil KB. Seperti yang Ibu ketahui, pil KB bisa mengganggu keseimbangan hormon yang menyebabkan pasokan ASI berkurang. Pil KB sendiri mengandung estrogen dan juga progesteron. Tidak hanya pil KB, beberapa obat juga bisa memengaruhi kualitas ASI sehingga baiknya cek dulu kandungan obatnya sebelum dikonsumsi.
  5. Terbiasa memberikan susu formula saat ASI tidak keluar. Mungkin Ibu seringkali menggunakan cara ini: ASI sulit keluar, bayi butuh susu, dan akhirnya Ibu menggunakan susu formula sebagai gantinya. Padahal, hal ini sebetulnya tidak disarankan, lho. Jika ASI sulit keluar, maka Ibu harus mencari cara untuk melancarkannya. Rajin-rajinlah untuk memompa ASI, tak peduli seberapa pun ASI yang dihasilkan, dan simpan di lemari pendingin.

Itu dia beberapa hal yang bisa menyebabkan kurangnya produksi ASI. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka disarankan untuk rutin meminum jamu tradisional yang dapat membantu melancarkan ASI. Semoga membantu, ya!

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: