Ini yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Berfungsi dan Berbau

AC merupakan salah satu komponen yang wajib ada di mobil Anda karena tanpa AC berkendara pun terasa tidak nyaman. Lantas, bagaimana jadinya jika AC mobil Anda tidak berfungsi dan juga mengeluarkan bau yang tidak sedap? Memperbaikinya mungkin menjadi pilihan. Hanya saja, memperbaiki AC mobil yang rusak tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tentunya, tidak bisa dibandingkan dengan harga oli mobil yang biasa Anda

ac mobil

ac mobil

beli untuk mengganti oli secara berkala, ya. Nah, jika AC mobil Anda tidak berfungsi dan juga berbau, mungkin Anda tanpa sadar melakukan hal di bawah ini:

  1. Terlalu sering parkir di tempat yang lembap. Awas, kebiasaan ini ternyata bisa merusak mobil kesayanganmu, loh, terutama pada komponen AC. Jika Anda terlalu sering memarkir mobil di tempat yang lembap, maka dikhawatirkan jamur bisa tumbuh di dalam sistem AC. Hal ini kemudian membuat AC memiliki bau yang tidak enak ketika dinyalakan. Tidak hanya itu, tempat yang lembap biasanya menjadi tempat tinggal serangga sehingga dikhawatirkan serangga akan masuk ke dalam mobil.
  2. Saringan kabin kotor. AC tidak terasa meski sudah dinyalakan? Bisa jadi, bagian kabinnya kotor dan tersumbat namun tidak segera dibersihkan. Untuk itu, jangan lupa untuk cek dan bersihkan secara berkala. Biasakan untuk membersihkan kabin setiap 10.000 kilometer dan ganti di 30.000 kilometer.
  3. Kondensor tersumbat. AC mobil bisa bermasalah jika bagian kondensor tersumbar. Untuk itu, saat mencuci mobil jangan lupa untuk menyemprotkan air ke arah grill atau radiator untuk membersihkannya, ya.
  4. Parfum mobil yang salah. Tidak bisa disangkal, Anda mungkin menggunakan parfum mobil untuk membuat kompartemen dan bagian interior mobil terasa lebih harum dan wangi. Hanya saja, ada beberapa parfum mobil yang justru membuat mobil berbau apak ketika didiamkan dalam waktu lama. Untuk itu, jangan sampai salah memilih pengharum mobil yang bisa membuat AC menjadi bau.
  5. Sampah makanan dan baju kotor. Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, mobil tentunya menjadi rumah kedua karena Anda sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tidak heran jika sampah bekas makanan seringkali tertinggal di mobil dan juga baju kotor yang lupa untuk diturunkan. Nah, jika hal ini memang terjadi pada mobil Anda, jangan lupa untuk segera memindahkannya karena sampah makanan dan baju kotor ini bisa membuat kompartemen mobil bau dan berdampak pada AC.

Nah, ternyata penyebab kerusakan pada AC tidak selamanya bersifat teknikal, ya. Ada kalanya penyebabnya cukup sederhana seperti salah memilih parfum mobil atau bahkan karena sering parkir di tempat yang lembap. Semoga bermanfaat!

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: