Ini Dia Alasan Mengapa Kita Harus Wisata Ke Hutan

Ingin road trip bersama teman? Alih-alih pergi ke pantai, lebih baik coba wisata ke hutan, yuk! Hutan ternyata tidak semembosankan kedengarannya, kok. Di hutan, kita bisa mendapat banyak manfaat yang pastinya baik untuk perkembangan rohani dan jasmani kita. Apa saja, ya?

  1. Banyak oksigen. Kamu pastinya tahu kan bahwa pohon itu melepaskan oksigen dan mengolah karbon dioksida? Untuk itu, ketika kamu berkunjung ke hutan, kamu akan merasa lebih ‘lega’ dan juga lebih mudah bernapas karena pohon di sekitar kita menyerap karbon dioksida untuk diolah menjadi oksigen. Bahkan, tahukah kamu jika satu pohon dewasa dapat memproduksi oksigen yang cukup untuk membantu 10 orang dewasa bernapas selama setahun?
  2. Masih berhubungan dengan poin satu, hutan membantu bumi dan udara di sekitar kita menjadi lebih sejuk. Pasalnya, pohon membutuhkan karbon dioksida untuk proses fotosintesis. Karbon dioksida sendiri merupakan bahan bakar yang turut menyumbang pemanasan global. Untuk itu, jika karbon dioksida diolah, maka zat itu tidak akan berkumpul di atmosfer bumi dan membuat udara terasa panas. Dengan oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis ini, bumi akan terasa lebih sejuk. Selain itu, pohon juga mampu membersihkan polusi udara dan membuat kita bisa menghirup udara bersih dengan bebas. Jika bukan di hutan, maka di mana lagi kita bisa menghirup udara tanpa polusi?
  3. Memanjakan mata. Selain dua manfaat di atas, berwisata ke hutan juga mampu memanjakan mata kita. Sebab dengan rimbunnya dedaunan yang hijau, mata kita menjadi ‘segar’ dan bisa beristirahat sejenak. Tidak hanya itu, kita pun akan senang ketika melihat pohon yang berbaris, lanskap pegunungan, dan juga danau yang terkadang berada di dalam hutan. Seru!
  4. Hutan merupakan salah satu tempat wisata yang membuat kita relaksasi dari riuhnya kehidupan ibukota. Sebab ketika di hutan, kita akan merasa tenang karena merasa dekat dengan alam. Mendengar burung berkicau, rimbunnya pepohonan, dan juga gemericik air bisa membuat batin kita tenang dalam sekejap.

Nah, kalau kamu sendiri, ada alasan lain mengapa kita harus berwisata ke hutan? Share, yuk!