Ini Dia 4 Cara Alami Yang Dapat Mengobati Sariawan Secara Efektif

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan sebuah penyakit yang bernama sariawan? Ya, sariawan atau stomatitis, merupakan suatu kondisi peradangan yang terjadi di area sekitar mulut seperti bibir bagian luar, bibir bagian dalam, selaput lendir, rongga mulut, lidah, dan gusi. kehadiran sariawan ini bisa terlihat dari adanya benjolan yang bewarna putih kekuning-kuningan.

Cara Alami Mengobati Sariawan

Meskipun tidak termasuk kedalam jenis penyakit yang berbahaya, namun keberadaan sariawan cukup mengganggu bagi para penderitanya, terutama saat hendak makan. Saat sariawannya tersentuh oleh makanan, maka akan muncul rasa perih yang cukup menyiksa. Berbicara soal penyebab sariawan, hal itu bisa jadi dikarenakan beberapa faktor seperti jarang memperhatikan kebersihan mulut, sering mengonsumsi makanan-minuman panas, kekurangan vitamin C, sering mengonsumsi makan pedas, faktor cuaca, dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara menyembuhkan sariawan? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah 4 cara alami yang dapat menogbati sariawan secara efektif :

  1. Mengonsumsi Yoghurt

Cara alami pertama yang dapat mengobati sariawan secara efektif, yakni dengan mengonsumsi yoghurt. Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa salah satu faktor penyebab dari timbulnya sariawan dikarenakan tubuh yang kekurangan vitamin C. Nah, mengingat yoghurt kaya akan kandungan vitamin C, maka sudah seharusnya bagi para penderita sariawan untuk segera mengonsumsinya.

  1. Mengonsumsi Buah Jeruk

Sama halnya dengan yoghurt, buah jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Nah, kandungan antioksidan tersebutlah yang bertugas untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab timbulnya sariawan di mulut. Dengan mengonsumsi buah yang satu ini, maka sariawanmu akan berangsur-angsur sembuh.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Tak banyak orang yang tahu, bahwa minyak kelapa ini dapat mengatasi masalah sariawan secara efektif. Cara pengerjaannya juga sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mengoleskan saja minyak kelapa tersebut ke bagian sariawannya.

  1. Air Garam

Selain dapat meredakan sakit gigi, ternyata air garam juga sangat ampuh dalam mengatasi masalah sariawan lho. Siapkan 1 sendok makan garam, lalu masukan kedalam gelas yang telah berisi air hangat. Dengan berkumur menggunakan air garam, maka sariawanmu akan berangsur-angsur sembuh.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 4 cara alami yang dapat mengobati sariawan secara efektif. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka kita akhiri dulu perjumpaannya sampai disini saja.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: