Ini Dampak Menggunakan Spare Part Palsu Untuk Kendaraan

Meningkatnya jumlah bengkel mobil Jogja dan daerah lainnya merupakan hal yang wajar mengingat jumlah peredaran kendaraan bermotor yang terus bertambah. Kondisi ini juga secara langsung berpengaruh pada perputaran spare part kendaraan yang ada pada bengkel-bengkel tersebut. Setiap harinya, pasti ada saja kendaraan yang masuk ke bengkel dan harus melakukan penggantian spare part dalam bentuk apapun tergantung masalah pada kendaraannya.

Hal tersebut memancing oknum nakal untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan memproduksi dan memasarakan spare part palsu. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang mengabaikan masalah tersebut. Bahkan, banyak juga pemilik kendaraan yang dengan sengaja memilih spare part palsu karena alasan harga. Sebab, beberapa spare part ini dijual dengan harga yang lebih murah daripada harga spare part original, sementara bentuknya terlihat sangat mirip dengan yang original.

Memang, jika hanya dilihat sepintas spare part tersebut terlihat mirip. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata menggunakan spare part palsu sangat berbahaya? Berikut ini adalah beberapa bahaya atau efek yang bisa timbul:

ban mobil

ban mobil

  • Merusak komponen mesin

Spare part palsu seringkali memiliki ukuran yang berbeda dengan aslinya, meskipun secara sepintas terlihat sama. Biasanya, untuk pemasangan spare part ini perlu dilakukan penyesuaian ukurang dengan cara digerinda. Selain itu, penggunaan spare part palsu akan mempercepat kerusakan komponen lain yang berada disekitarnya. Khususnya untuk komponen yang bergesekan dengan spare part ini. Sebab, bahan yang digunakan untuk pembuatan spare part palsu ini biasanya bukanlah bahan yang berkualitas.

  • Mesin tidak berfungsi maksimal

Kemampuan kerja mesin yang menggunakan spare part palsu tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Misalnya, rem mobil menjadi kurang pakem, tarikan terasa berat, atau mengeluarkan bunyi yang lebih berisik daripada kondisi normal. Kondisi ini tentu saja akan memengaruhi kenyamanan saat berkendara.

  • Berisiko menjadi penyebab kecelakaan

Tidak maksimalnya fungsi kerja mesin bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Misalnya, ketika spare part palsu yang Anda gunakan adalah spare part yang berkaitan dengan rem. Coba saja Anda bayangkan seandainya rem kendaraan Anda tidak bisa berfungsi normal saat dibutuhkan? Maka kemungkinan terjadinya kecelakaan akan sangat besar.

Bahaya dan efek buruk inilah yang membuat banyak produsen kendaraan selalu mengingatkan konsumennya untuk selalu menggunakan spare part original. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mendapatkan kenyamanan berkendara, tetapi juga keamanan berkendara. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: