Ini Daftar Tes Kesehatan yang Harus Diperiksa Sebelum Masuk Kerja

Ada banyak alasan mengapa pemeriksaan kesehatan harus dilakukan, salah satunya adalah sebagai syarat untuk masuk kerja. Biasanya, sebelum diputuskan untuk diterima menjadi karyawannya, perusahaan akan meminta calon karyawan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan. Banyak calon karyawan yang merasa panik karena bingung dengan jenis tes yang harus dihadapi. Padahal, seharusnya tidak perlu panik. Tes kesehatan yang dilakukan tidaklah menyeramkan dan bisa dilakukan di rumah sakit terdekat, lho.

tes kesehatan

tes kesehatan

Berikut jenis-jenis tes kesehatan yang biasanya dilakukan:

  1. Tes darah. Tes darah merupakan jenis tes yang pasti dilakukan dalam tes kesehatan. Pasalnya dalam tes ini, kesehatanmu bisa terlihat apakah kamu mengalami anemia, infeksi, hepatitis, HIV, atau gangguan ginjal dan hati.
  1. Tes urine. Selain tes darah, tes yang wajib dilakukan berikutnya adalah tes urine. Hal ini penting untuk melihat gaya hidupmu, apakah menggunakan obat-obatan terlarang atau tidak. Tak hanya itu, tes urine juga dilakukan untuk mengecek infeksi saluran kencing dan kerusakan ginjal.
  1. Tes mata. Beberapa perusahaan hanya menginginkan karyawan yang tidak mengenakan kacamata. Untuk itu, tes mata pun diperlukan. Tes mata dilakukan untuk melihat ketajaman penglihatan dan juga buta warna.
  1. Tes telinga. Dalam tes ini, kamu akan menjalan serangkaian tes audiometri untuk melihat seberapa tajam pendengaran kamu.
  1. Tes jantung. Ternyata, tes jantung juga masuk ke dalam tes kesehatan yang harus dilakukan. Tes jantung akan meliputi foto rontgen dan EKG serta tes fisik. Fungsinya adalah untuk melihat apakah jantung mengalami pembengkakan sementara EKG berfungsi untuk melihat kelainan pada aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung. Terakhir, tes fisik dilakukan untuk mendeteksi apakah ada kelainan pada suara jantung yang menandakan suatu penyakit.
  1. Tes paru. Dalam tes paru, dokter akan mengecek apakah penyakit asma, bronkitis, pneumonia, dan TBC terdeteksi pada paru-paru kamu. Kesehatan fisikmu bisa dinilai dari keadaan paru-parumu.
  2. Tes status gizi dan tanda vital. Tes ini merupakan tes general di mana dokter akan mengecek berat badan, mengukur tinggi badan, tekanan darah, nadi, suhu dan pernapasan. Tidak hanya itu, dokter juga akan melihat apakah kamu mengalami tekanan darah tinggi, obesitas, atau gizi kurang.
  3. Tes gigi. Tes terakhir adalah tes gigi. Akan dilihat bagaimana keadaan rongga mulutmu. Apakah ada gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa tes kesehatan yang harus dilalui ketika melamar kerja. Silakan dipersiapkan dan semoga membantu, ya!

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: